Jokowi Soal Vaksin COVID-19: Saya Siap Disuntik Pertama
Nasional

Pengembangan vaksin virus corona masih terus dilakukan. Presiden Joko Widodo lantas menyatakan kesiapannya sebagai orang pertama yang akan disuntik vaksin COVID-19.

WowKeren - Presiden Joko Widodo berbicara mengenai pengembangan vaksin virus corona. Ia menyatakan dengan tegas dirinya siap menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin COVID-19 begitu telah diedarkan.

Meski demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan menunggu keputusan resmi dari tim kesehatan siapa yang akan menerima vaksin virus corona pertama. Jika tim kesehatan meminta presiden menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama sebelum masyarakat, maka Jokowi mengaku siap.

”Ya kalau saya, nanti diputuskan bahwa (yang) pertama disuntik Presiden, ya saya siap,” tegas Jokowi dalam tayangan wawancara khusus bertajuk “Jokowi Dikepung Kritik” seperti dilansir dari Kompas, Senin (16/11). “Terserah tim. Kalau tim sampaikan Presiden yang pertama yang disuntik ya saya siap.”

Jokowi juga turut mengingatkan masyarakat agar tidak berpikiran negatf jika dirinya diminta menjadi penerima vaksin COVID-19. Menurutnya, siapapun penerima vaksin virus corona pertama merupakan keputusan resmi dari tim kesehatan.


”Tapi jangan sampai nanti Presiden yang pertama, lalu 'Lho kok enak sekali Presiden yang pertama, harusnya rakyat dulu',” ujar Mantan Wali Kota Solo ini. “Jangan seperti itu.”

Lebih lanjut Jokowi juga membeberkan kelompok masyarakat yang akan diprioritaskan untuk mendapat suntik vaksin pertama kali. Prioritas pertama adalah tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

Lalu ada anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Selain itu, ada juga pelayan publik, ASN, hingga guru yang akan diprioritaskan dalam menerima vaksin COVID-19.

”Lalu pelayan publik, ASN di tempat-tempat menyangkut pelayanan kepada masyarakat didahulukan,” jelas Jokowi. “Setelah itu guru juga sama, didahulukan.”

”Kita sudah punya list, siapa-siapa yang disuntik dan di lokasi mana,” sambungnya. “Nanti pekan depan Insya Allah kita sudah mulai simulasi. Pekan depan ya.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru