Menag Fachrul Pastikan Isu Arab Saudi Setop Visa Umrah untuk RI Cuma Hoaks
Nasional

Menag Fachrul Razi menegaskan bahwa isu penyetopan sementara visa untuk jemaah Umrah asal Indonesia adalah hoaks. Sebab jemaah kloter 4 pun siap berangkat Minggu (22/11) besok.

WowKeren - Arab Saudi diketahui baru saja membuka pintu untuk jemaah Umrah internasional, salah satunya Indonesia. Namun belum lama ini disebutkan kebijakan untuk ibadah Umrah kembali berubah, yakni permohonan pembuatan visa disetop sementara.

Namun isu ini langsung dibantah oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Fachrul menegaskan bahwa jemaah Umrah asal Indonesia tetap diizinkan untuk masuk ke wilayah Arab Saudi sebagaimana normalnya.

Fachrul memastikan bahwa kabar penutupan akses Umrah untuk jemaah Indonesia hanya hoaks belaka. "Soal Umrah ditutup, insya Allah sejauh ini hanya hoaks saja," kata Fachrul dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, Rabu (18/11).

Bahkan menurut Fachrul pada Minggu (22/11) mendatang ada rombongan jemaah Umrah yang siap diberangkatkan ke Arab Saudi. Oleh karenanya tidak ada penghentian penerbitan visa Umrah untuk jemaah RI.


"Yang jelas insya Allah tanggal 22 November ini ada masuk gelombang keempat, akan berangkat ya," terang mantan Wakil Panglima TNI itu, dilansir dari Kompas. Sebelumnya bantahan juga sudah disampaikan oleh asosiasi penyelenggara Umrah dan Kementerian Luar Negeri.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman membenarkan bahwa pemerintah Arab Saudi memang tengah menutup proses visa. Hanya saja hal itu dilakukan dalam rangka mengevaluasi penyelenggaraan Umrah oleh jemaah Indonesia.

Sementara itu, Wasekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Rizky Sembhada tidak sepakat jika umrah disebut ditutup. Sebab, yang dihentikan adalah visa ziarah dan turis, bukan visa Umrah.

Konsul Haji KJRI Jeddah pun disebut telah memastikan hanya visa ziarah. "Alhamdulillah saya sudah dapat jawaban, yang jelas ditutup adalah visa ziarah. Begitu juga dengan visa turis. Yang jelas, visa turis tidak sama dengan visa Umrah," terang Rizky, dilansir dari Detik News.

"Pemerintah Arab Saudi memang menutup sementara untuk visa turis," ungkapnya lagi. "Jadi kita belum mendengarkan secara langsung keputusan dari Arab Saudi, visa umrah itu sendiri."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait