Harga Emas Antam Terus Ambles Tinggalkan Rp 1 Juta, Waktunya Beli atau Jual?
Nasional

Perencana Keuangan Mike Rini membagikan pendapat bagaimana harus menyikapi harga emas yang kian menurun beberapa waktu belakangan, apakah sebaiknya dijual atau dibeli?

WowKeren - Di tengah pandemi COVID-19, emas menjadi aset investasi yang mampu mempertahankan kestabilan harganya. Namun beberapa waktu belakangan harga emas itu terus menurun meninggalkan pakem Rp 1 juta per 1 gram yang pernah ditorehkan sebelumnya.

Dilansir dari situs logammulia, harga emas milik PT Aneka Tambang (ANTM) kembali mengalami penurunan dibanding harga pada Selasa (17/11). Harga emas pada Rabu (18/11) hari ini adalah Rp 975 ribu, menurun Rp 5 ribu dari catatan hari Selasa.

Harga Emas Antam Terus Ambles Tinggalkan Rp 1 Juta, Waktunya Beli atau Jual?

logammulia

Lantas dengan kondisi seperti ini, langkah apakah yang mesti diambil para investor emas? Haruskah emas yang dimiliki dijual atau malah membeli sejumlah emas lagi?


Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, masyarakat harus memahami prinsip utama untuk bisa mendapatkan untung dari berinvestasi dalam bentuk emas. Menurut Mike, keuntungan dari investasi emas didapat dari selisih harga jual dan belinya.

"Untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual emas adalah ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli," terang Mike, dilansir dari Kompas TV. Kemudian masyarakat juga harus mengingat emas merupakan bentuk investasi jangka panjang agar keuntungan yang didapat lebih banyak.

Dengan harga emas yang turun, jangan serta merta langsung dijual karena takut harga akan terus merosot. Pun sebaliknya saat harga emas tengah turun, masyarakat bisa membeli sehingga bisa mendapat untung ketika harga emas akan naik.

Sebagai informasi, beberapa pakar investasi dunia bahkan meramalkan harga emas bisa tembus sampai Rp 1,8-2,2 juta per gram. Oleh karena itu perlu sangat dicermati apakah hendak membeli atau menjual emas di tengah fluktuasi harga yang cukup anjlok beberapa waktu belakangan.

Lebih lanjut diingatkan Mike, bila ingin berinvestasi emas sebaiknya dalam bentuk emas batangan alih-alih perhiasan. Pembelian emas ini pun bisa dilakukan secara konvensional atau secara online selama bisa dipastikan legalitas dan bisa dipercaya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait