J-Hope BTS Ungkap Alasan Dirinya Ubah Gaya Ngerap Khusus di Album 'BE'
Musik
BTS Rilis Album BE

Secara alami, emosi dan pengalaman grup selama pandemi menginspirasi lirik lagu baru mereka, dengan setiap member muncul setidaknya sekali dalam kredit penulisan lagu dalam 'BE'.

WowKeren - Apakah kalian memperhatikan betapa berbedanya suara J-Hope BTS (Bangtan Boys) saat menyanyikan lagu "Blue & Grey", salah satu lagu baru dari "BE"? Dalam sebuah wawancara baru, dia menjelaskan mengapa dan bagaimana dia memutuskan untuk mengubah gaya rapnya untuk album baru ini.

Pada intinya, album baru BTS terinspirasi oleh bagaimana kehidupan berubah di era pandemi COVID-19. Sebelum album diumumkan, para member mengungkapkan kesulitan emosional yang mendalam yang telah mereka alami selama setahun terakhir dalam pidato mereka di Sidang Umum PBB ke-75.

Dalam pidatonya, J-Hope mengungkapkan bahwa grup tersebut memutuskan untuk memasukkan emosi tersebut ke dalam musik mereka — yang akhirnya berpuncak pada "BE". "Kami merangkul semua emosi ini dan kami bertujuh mulai membuat musik bersama. Dari sinilah musik berasal, dan ini membuat kami jujur," kata J-Hope.

Secara alami, emosi dan pengalaman grup selama pandemi menginspirasi lirik lagu baru mereka, dengan setiap member muncul setidaknya sekali dalam kredit penulisan lagu dalam "BE". Namun yang terpenting, perubahan emosional tersebut juga memengaruhi musik dengan cara lain — seperti gaya rap J-Hope.

Dalam wawancara baru dengan Majalah Weverse, J-Hope ditanya tentang rapnya di "Blue & Grey" secara khusus. Ditulis bersama oleh J-Hope, Suga, RM (Rap Monster), dan V, pop ballad akustik adalah ekspresi depresi dan kecemasan melalui warna. J-Hope menjelaskan bahwa setelah membuat banyak lagu ceria di masa lalu, para member memutuskan untuk fokus pada lagu yang lebih emosional seperti "Dis-easy" dan "Blue & Grey" untuk "BE".


"Aku tidak ingin membuat lagu yang terlalu ceria kali ini. Aku pikir akan lebih baik untuk melakukan beberapa lagu yang lebih lembut tentang apa yang aku rasakan selama ini," ungkapnya.

Dan, seiring dengan perubahan fokus ke suara yang lebih lembut, J-Hope juga mengubah gaya rapnya di "Blue & Grey". ARMY memperhatikan bahwa suara J-Hope terdengar sangat berbeda dari biasanya, dengan beberapa orang mendeskripsikan nadanya sebagai "rapping in whispers". Menurut J-Hope, itu benar-benar disengaja. "Aku ingin (rap) terdengar seperti aku sedang berbicara, sebenarnya."

Dia menjelaskan bahwa nada dan nuansa suaranya berubah sepenuhnya tergantung bagaimana dia menyuarakan rapnya. Karena "Blue & Grey" adalah lagu yang lebih mentah dan emosional daripada banyak lagu BTS, sepertinya J-Hope ingin menciptakan perasaan yang lebih intim dengan berbicara rap dalam liriknya.

Untungnya, dia memiliki sang leader di sampingnya untuk membantunya menemukan gaya yang tepat untuk "Blue & Grey". J-Hope mengungkapkan bahwa RM sangat banyak membantunya, memberinya nasihat saat dia mencoba berbagai vokalisasi rap.

Beralih dari gaya khasnya, J-Hope mengakui bahwa mencoba sesuatu yang baru untuk "Blue & Grey" itu menyegarkan, terutama karena itu adalah jalan yang selalu ingin dia coba. Itu, jelasnya, adalah tentang "BE" baginya.

"Aku pikir itu tidak akan berhasil, tapi aku pikir itu berhasil... 'BE' adalah semacam langkah pertama menuruni jalur yang tidak biasa, jadi ada bagian yang menantang, dan juga bagian yang merupakan perubahan yang disambut baik," ujar J-Hope.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts