Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Wilayah Zona Merah RI Bertambah Hampir 2 Kali Lipat
https://setkab.go.id/
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Hal semacam ini seharusnya bisa dijadikan sebagai cambukan untuk terus memperbaiki diri. Sebab virus corona bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu

WowKeren - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito blak-blakan mengungkapkan kekecewaannya terkait perkembangan kasus COVID-19 di Tanah Air. Perkembangan terakhir menyebutkan jika wilayah zona merah terus bertambah bahkan jumlahnya meningkat sebanyak hampir 2 kali lipat.

"Saya sangat kecewa," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube BNPB, Selasa (1/12). "Karena pada minggu ini jumlah kabupaten/kota yang berzona merah bertambah hampir dua kali lipat dari minggu sebelumnya."

Sebaliknya, jumlah wilayah yang masuk ke zona hijau juga kian menyempit. Oleh sebab itu berangkat dari fakta ini, Wiku berharap baik pemerintah maupun masyarakat bisa lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Upaya pengendalian corona harus melalui kerja sama semua elemen masyarakat.

"Kami berharap data ini bisa menjadi cermin bagi kita semuanya," tegas Wiku. "Baik pemerintah maupun masyarakat, untuk merefleksikan komitmen kita dalam pengendalian COVID-19."


Kejadian semacam ini seharusnya bisa dijadikan sebagai cambukan untuk terus memperbaiki diri. Sebab virus corona bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, terutama bagi mereka yang lengah dalam melakukan proteksi diri maupun lingkungan.

"Keadaan ini harus menjadi cambukan bagi kita untuk terus memperbaiki diri bagi masyarakat jangan pernah abai," tegas Wiku. "Karena cepat atau lambat Anda akan menjadi penderita COVID-19 jika lengah dalam memproteksi diri atau lingkungan ataupun keluarga Anda."

Wiku juga kembali mengingatkan para kepala daerah untuk lebih ketat alam menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu, upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) juga harus kian masif dilakukan guna mendeteksi dini penyebaran.

"Untuk pemerintah daerah dan jajarannya, harap bisa segera melakukan evaluasi terhadap kedisiplinan 3M," tambahnya. "Dan penegakannya di daerah maupun pelaksanaan 3T di berbagai ketatanan kesehatan daerah."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts