Anak Jusuf Kalla Polisikan Ferdinand Hutahaean Karena Alasan Ini
Nasional

Selain mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, anak Jusuf Kalla juga melaporkan pemerhati sosial dan politik Rudi S Kamri ke Bareskrim Polri pada Rabu (2/12).

WowKeren - Putri ketiga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Muswira Kalla, melaporkan mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean ke polisi pada Rabu (2/12). Selain Ferdinand, Muswira juga mempolisikan pemerhati sosial dan politik Rudi S Kamri.

Ferdinand dan Rudi dilaporkan ke Bareskrim Polri lantaran unggahan mereka di media sosial dinilai menyinggung Jusuf Kalla. Muswira melapor ke polisi untuk mendapat perlindungan hukum atas dugaan pencemaran terhadap nama baik ayahnya.

"Saya atas nama anak Jusuf Kalla melaporkan Ferdinand Hutahaean dan Rudi S Kamri atas tulisan-tulisan yang mereka buat. Tulisan tersebut mengganggu martabat kami, saya dan keluarga," jelas Muswira di Bareskrim Polri. "Kami menggunakan hak kami sebagai warga negara untuk mendapat perlindungan hukum atas dugaan pencemaran nama baik kepada ayah kami."

Dalam laporannya, Muswira melampirkan sejumlah bukti. Di antaranya adalah tangkapan layar unggahan Ferdinand dan Rudi yang dianggap bernuansa fitnah di Twitter, Facebook, serta YouTube.


Cuitan Twitter Ferdinand yang dipersoalkan Muswira menyinggung soal "Caplin". "Hebat juga si caplin, bawa duit sekoper ke Arab, bayar ini itu beres semua. Agenda politik 2022 menuju 2024 sudah dipanasi lebih awal. Tampaknya presiden akan sangat disibukkan oleh kegaduhan rekayasa caplin demi anak emasnya si asu pemilik bus edan," demikian kutipan cuitan Ferdinand tersebut.

Adapun Ferdinand dan Rudi dianggap telah melanggar Pasal 45 Ayat 3 Jo Pasal 27 ayat 3 UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP.

Di sisi lain, Ferdinand menilai laporan Muswira atas dirinya berlebihan. "Saya tidak mengenal dan merasa tidak pernah menyerang keluarga beliau (Muswira) maupun keluarga Pak JK di media sosial," tutur Ferdinand dilansir Kompas.com.

Menurut Ferdinand, Muswira tak pernah meminta klarifikasi secara langsung tentang cuitannya yang dipersoalkan tersebut. Namun, Ferdinand menghormati langkah hukum yang ditempuh Maswira dan mengaku akan mengikuti proses yang berlaku.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts