Ketua DPP PKB Ungkap Info Jokowi Bakal Ganti 6-8 Menteri
Nasional
Ancaman Reshuffle Kabinet Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Faisol Reza mengaku mendapat informasi terkait isu reshuffle kabinet tersebut dari grup percakapan di aplikasi WhatsApp.

WowKeren - Isu perombakan alias reshuffle Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin terus berhembus. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Faisol Reza mengaku mendapat informasi bahwa ada sekitar enam hingga delapan Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang akan diganti oleh Jokowi.

Faisol mengaku mendapat informasi tersebut dari grup percakapan di aplikasi WhatsApp. "Agak banyak, yang saya baca di grup-grup WA (WhatsApp). Sekitar enam sampai delapan Menteri," tutur Faisol dilansir CNN Indonesia, Senin (21/12).

Lebih lanjut, Faisol menjelaskan bahwa reshuffle kabinet tersebut bertujuan untuk memperbaiki penanganan dampak ekonomi dan kesehatan akibat pandemi virus corona (COVID-19). Ia juga yakin bahwa perombakan ini dilakukan untuk mencari sosok yang lebih baik untuk menduduki kursi Menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf.

"Reshuffle pasti ingin mencari yg lebih baik," jelas Faisol. "Jadi tentu dipilih orang-orang yang bisa memberikan dampak positif."


Faisol juga menyatakan bahwa dua kursi Menteri yang kini kosong, yakni Menteri Sosial serta Menteri Kelautan dan Perikanan, harus segera diisi pejabat definitif. Diketahui, dua pejabat sebelumnya, yakni Juliari Batubara dan Edhy Prabowo, terjerat kasus dugaan korupsi.

Oleh sebab itu, Faisol tidak menutup kemungkinan Jokowi hanya akan melakukan perombakan di dua jabatan Menteri itu saja. "Mungkin saja dalam waktu dekat yang diisi hanya dua posisi itu," kata Faisol.

Sebagai informasi, isu reshuffle kabinet telah berhembus sejak sepekan terakhir. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid sempat menyatakan bahwa kemungkinan besar Jokowi akan merombak posisi para Menterinya pada 23 Desember 2020 mendatang alias pada Rabu Pon menurut penanggalan Jawa.

Menurut Jazilul, prediksi tersebut didasarkan pada kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya. "Insyaallah, itu perkiraan saya dari kebiasaan yang sudah-sudah," kata Jazilul dilansir CNN Indonesia pada Rabu (16/12) pekan lalu.

Adapun Presiden Joko Widodo disebut akan memperkenalkan siapa saja calon Menteri barunya pada Selasa (22/12) hari ini. "Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Senin kemarin.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts