Heboh Rapid Test Antigen Picu Antrean di Bandara, Wiku Adisasmito Beri Solusi Ini
Nasional

Sebelumnya, anggota Ombudsman Alvin Lie menyoroti kerumunan di Bandara Soetta akibat kewajiban rapid test antigen. Menurutnya, fenomena ini terjadi sebagai buntut kebijakan pemerintah yang terkesan mendadak.

WowKeren - Syarat rapid test antigen bagi pelaku perjalanan menimbulkan antrean panjang penumpang di Terminal II Bandara Soekarno-Hatta. Antrean di bandara tersebut dikhawatirkan dapat memicu penularan virus corona (COVID-19).

Juru Bicara Pemerintah Terkait Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, lantas buka suara atas persoalan tersebut. Wiku menyarankan agar masyarakat menjalani rapid test antigen di luar bandara atau sebelum berangkat ke bandara untuk menghindari antrean panjang.

"Kalau enggak ingin ada antrean ya melakukan rapid test (antigen) tidak di bandara," tutur Wiku dilansir Kumparan, Senin (21/12). Namun, Wiku juga mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan tak bepergian ke luar kota kecuali memang ada urusan mendesak.

"Kami (Satgas COVID-19) mengimbau agar masyarakat untuk menghindari bepergian bila tidak mendesak," jelas Wiku. "Untuk mengurangi potensi penularan."


Sebelumnya, anggota Ombudsman Alvin Lie menyoroti kerumunan di Bandara Soetta akibat kewajiban rapid test antigen. Menurutnya, fenomena ini terjadi sebagai buntut kebijakan pemerintah yang terkesan mendadak.

Terlebih lagi syarat hasil tes negatif rapid test antigen yang hanya berlaku dalam waktu yang terbatas, yakni untuk tiga hari. Alhasil, warga harus melakukan tes berulang jika hendak melakukan perjalanan.

"Ketika kebutuhan mendesak, etika, dan peraturan diabaikan," ujar Alvin. "Ini dampak peraturan dadakan yang memilih tes rapid antigen sebagai instrumen."

Di sisi lain, PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim bahwa antrean rapid test antigen pada Senin kemarin tidak berlangsung lama. AP II juga membuka layanan pre-order untuk tes COVID-19, baik PCR, rapid test antigen, dan rapid test antibodi, untuk mengantisipasi terjadinya antrean ini.

Calon penumpang dapat mengakses pre-order ini melalui travelation.angkasapura2.co.id. Nantinya, calon penumpang yang telah melakukan pre-order dapat langsung menjalani pemeriksaan di area lounge umrah Terminal 3 Bandara Soetta.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait