Pengakuan Risma Resmi Ditunjuk Jadi Mensos: Saya Kaget
Nasional

Tri Rismaharini memberikan pernyataan perdana setelah dirinya resmi ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Sosial. Ia juga menjelaskan nasib jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah resmi ditunjuk sebagai Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (22/12). Ia menggantikan posisi Juliari Batubara yang telah terjerat kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Risma mengaku sangat kaget setelah ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk masuk kabinet Indonesia Maju. Pasalnya, selama ini ia tidak pernah membayangkan sedikitpun akan menjadi seorang menteri.

”Terus terang saya cukup kaget,” kata Risma di Halaman Istana Merdeka, Jakarta seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Selasa (22/12). “Meskipun sudah banyak yang membicarakan, tapi terus terang saya tidak pernah berpikir atau membayangkan menjadi menteri.”

Kendati demikian, Risma menegaskan ia siap untuk menerima amanat dan kepercayaan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk memimpin Kementerian Sosial (Kemensos). Ia menyebut menjabat sebagai menteri merupakan bentuk pengabdiannya kepada negara.


”Dan ini untuk saya mengabdi untuk negara,” ungkap Risma. “Maka saya matur nuwun (berterima kasih) kepercayaannya oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden serta tentunya seluruh bangsa Indonesia.”

Dalam kesempatan ini, Risma juga menjelaskan nasib jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya. Ia belum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Kota Pahlawan.

Walau begitu, Risma telah meminta izin kepada Jokowi agar sementara waktu ini diperbolehkan untuk pulang pergi Jakarta-Surabaya. Jokowi sendiri sudah memberikan izin sambil menanti rencana Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait situasi Risma.

”Saya sudah matur (bilang) ke Pak Presiden. Pak, bapak gimana Surabaya,” jelas Risma. “'Wis ndak papa Bu Risma, nanti bisa pulang pergi sambil nanti proses administrasinya seperti apa' (jawab Jokowi kepada Risma).”

”Iya nanti habis ini aku mau ketemu jam 7 (malam) meluncur ke rumah Pak Mendagri, aku juga mau konsultasi soal itu, bagaimana jabatannya,” sambungnya. “Tapi Pak presiden, saya tadi sudah izin, 'Sudah Bu Risma ndak papa nanti Bu Risma wira wiri (pulang pergi) sementara' (jawab Jokowi ke Risma).”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru