Dokter Tirta Komentari Ruam Merah di Wajah dan Tubuh Dewi Persik: Jangan Remehkan!
Instagram/dr.tirta
Selebriti

Dokter Tirta memperingatkan masyarakat untuk terus waspada dengan keberadaan virus Covid-19. Melalui postingannya, ia menjelaskan ruam merah yang dialami Dewi Persik sebagai pasien Covid-19.

WowKeren - Pada Kamis (24/12), pedangdut Dewi Persik membuat pengumuman mengejutkan bahwa dirinya terinfeksi virus Covid-19. Beberapa gejala seperti sesak napas, batuk kering, sampai demam pun dialaminya.

Namun salah satu gejala yang cukup mencuri perhatian adalah ruam merah yang terlihat pada wajah dan tubuh Dewi Persik. Kondisi pelantun "Mimpi Manis" ini pun turut menyedot perhatian dr.Tirta. Pria pemilik nama asli Tirta Mandira Hudhi ini lantas menjelaskan di salah satu postingan Instagram-nya.

"Covid-19 bisa menyebabkan ruam? Bisa. Sudah dijelaskan sejak Mei, oleh @perdoski.id @myskinformation, dan beberapa jurnal," tulis dr. Tirta di kolom caption-nya, Jumat (25/12).

Dalam postingannya, dr.Tirta juga memaparkan ruam bisa muncul saat virus menginfeksi tubuh manusia. Dia kemudian menjawab apakah munculnya ruam kemerahan pada kulit akan selalu menunjukan infeksi Covid-19 atau tidak.

Menurut dr. Tirta, gejala tersebut tak selalu menunjukan seseorang terpapar Covid-19, namun ini bisa menjadi salah satu indikasinya. Pasien juga diwajibkan menjalankan serangkaian tes agar penyebab timbulnya ruam merah tersebut bisa diketahui secara jelas dan akurat.


"@dewiperssikreal terkena gejala ruam. Tapi apakah selalu Covid-19? harus dicek dengan PCR swab," sambungnya. "Nah, karena ruam massive juga merupakan gejala beberapa penyakit lain yang sistemik."

Instagram

Dr Tirta Komentari Ruam di Wajah Dewi Persik

Dokter sekaligus influencer ini berujar bila kondisi seperti yang dialami Dewi Persik bisa saja dialami oleh beberapa pasien. Pasalnya, virus Covid-19 ini juga memiliki gejala yang berbeda-beda setiap orangnya.

"Dan kemungkinan ruam ini muncul pada 20% pasien yang memiliki gejala. Covid-19 itu penyakit 1000 muka, gejala bisa beda-beda, kalo muncul gejalanya yang ruam, yowis itu salah satu muka Covidnya," kata dr. Tirta.

Melihat fenomena ini, dr. Tirta mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dengan lebih menjaga kesehatan tubuhnya. Dia pun memberi peringatan jika viris Covid-19 ini memang ada dan tidak bisa diremehkan begitu saja.

"Jangan remehin ini virus. Sampean nggak ga percaya? Silahkan. Tapi jangan diremehin," pungkasnya. "Waspada aja. Tetap terapkan protokol 3M! Makan makanan bergizi, suplemen, dan olahraga teratur."

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait