BNPB Laporkan 189 Korban Gempa Mamuju Luka Berat, Beberapa Wilayah Masih Padam Listrik
pxhere.com
Nasional
Gempa Majene Sulbar

Sebanyak 189 orang di Mamuju dilaporkan dirawat akibat gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang sejumlah wilayah di Sulawesi Barat pada kemarin, Jumat (15/1). Sebagian wilayah juga dilaporkan belum menerima aliran listrik.

WowKeren - Indonesia kembali dilanda duka akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Kamis (14/1) dan Jumat (15/1). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban dalam bencana tersebut.

Dilansir dari CNN, Sebanyak 189 orang di Mamuju dilaporkan dirawat akibat gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang sejumlah wilayah di Sulawesi Barat pada kemarin, Jumat (15/1). Pihaknya juga melaporkan bahwa 189 orang itu dirawat karena mengalami luka berat.

Sementara itu, sekitar sekitar 637 orang di Majene juga mengalami luka ringan dan telah mendapatkan penanganan rawat jalan. Ada pun kurang lebih 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian.


Mengenai korban jiwa, pihak BNPB melaporkan per hari ini, Sabtu (16/1) pukul 02.00 WIB, sebanyak 42 orang meninggal akibat gempa di Sulawesi Barat ini. BNPB juga mencatat sejumlah bangunan rusak di Mamuju. Bangunan ini antara lain Rumah Sakit Mitra Manakarra rusak berat, RSUD Mamuju rusak berat, Pelabuhan Mamuju, dan Jembatan Kuning yang berlokasi di Takandeang. Sementara di Majene sendiri tercatat 300 unit rumah mengalami kerusakan.

Tak hanya mengalami kerusakan bangunan, sebagian wilayah Mamuju juga dilaporkan belum menerima aliran listrik pasca gempa. Untuk daerah Majene, seluruhnya masih dalam kondisi padam listrik. Gempa juga menyebabkan longsor di sejumlah titik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri sebelumnya mengungkapkan masih ada potensi gempa susulan di Majene usai gempa dengan magnitudo 6,2 tersebut. Apabila gempa susulan tersebut berpusat di pantai, maka gempa itu disebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Oleh sebab itu, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat yang berada di wilayah gempa untuk menjauhi bangunan dan juga pantai. Ia juga meminta agar jalur evakuasi segera disiapkan.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts