Gempa Sulbar Tewaskan 81 Orang, Ini Rincian Kerusakan Di Majene-Mamuju
Twitter/SAR_NASIONAL
Nasional

Gempa Sulawesi Barat hingga kini dilaporkan telah menewaskan 81 orang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lantas merinci situasi kerusakan terkini di Majene dan Mamuju.

WowKeren - Laporan korban gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terus bertambah. Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban tewas akibat gempa telah bertambah dan sekarang menjadi 81 orang hingga Senin (18/1).

Berdasarkan keterangan BNPB, korban tewas gempa di Sulbar terbagi menjadi dua. Gempa di Kabupaten Majene telah menewaskan 11 orang. Kemudian gempa di Kabupaten Mamuju menewaskan 70 orang.

BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan proses evakuasi korban. Mereka juga berkoordinasi dengan TNI, Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi korban gempa.


Selain korban jiwa, BNPB juga mencatat rincian kerusakan materiil yang telah dilaporkan. Kerugian materiil berupa 1.150 unit rumah rusak dan 15 unit sekolah terdampak gempa Sulbar. BNPB masih terus melakukan pemutakhiran data dengan pencatatan di lapangan.

Bantuan untuk para pengungsi juga terus disalurkan oleh BNPB. Mereka telah menyalurkan bantuan logistik ke Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene berupa 140 dus mie instan dan 10 dus air mineral pada Minggu (17/1).

BNPB juga telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa di Sulbar sebesarRp.4 miliar pada Sabtu (16/1). Bantuan tersebut diserahkan sebesar Rp 2 miliar rupiah untuk Provinsi Sulbar dan masing-masing Rp 1 miliar rupiah untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

Bantuan yang telah didistribusikan BNPB juga terdiri dari berbagai macam. Diantaranya adalah 8 set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, 5 unit Light Tower, 200 unit Velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 pcs masker kain, 700 pak mi sagu dan 30 unit genset 5 KVA.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru