Curah Hujan Naik, Pemprov DKI Jakarta Diminta Waspadai Banjir
Nasional

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta Pemprov DKI untuk tetap waspada dan bersiap apabila banjir tiba-tiba datang. Pasalnya, curah hujan beberapa waktu terakhir meningkat.

WowKeren - DKI Jakarta berhasil mengawali tahun 2021 tanpa banjir. Meski begitu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan pihaknya untuk tetap waspada dan bersiap apabila banjir tiba-tiba datang.

Sebab ada potensi peningkatan intensitas hujan dalam beberapa hari ke depan yang dapat memicu terjadinya banjir. "Jakarta sudah memasuki musim hujan, kita juga harus bersiap-siap bahwa di Jakarta ini berdasarkan data ke depan akan ada peningkatan intensitas daripada curah hujan yang berpotensi menyebabkan banjir," kata Riza di Balai Kota, Jakarta, Senin (18/1).

Riza memastikan bahwa Pemprov DKI telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir di ibu kota. Mulai dari kesiapan pompa-pompa air hingga pengerukan sungai, waduk, dan embung.


"Berbagai upaya telah kita lakukan, berbagai program mulai dari pengerukan, sumur resapan, drainase vertikal, sodetan, kemudian waduk, polder, pompa semua program kita laksanakan bahkan anggaran sudah cukup besar yang kita gelontorkan," jelasnya.

Namun semua itu tetap membutuhkan dukungan masyarakat. Dia minta warga tak membuang sampah sembarangan, yang bisa menjadi salah satu penyebab banjir. "Namun demikian kesadaran masyarakat untuk tetap waspada menjaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan dan lain-lain tetap kita laksanakan dengan baik," tuturnya.

Selain itu, Riza juga menyampaikan dukanya terkait bencana-bencana yang terjadi di sejumlah daerah seperti gempa di Sulawesi Barat hingga banjir di Kalimantan Selatan. "Atas nama Pemprov, Pak Gubernur, pribadi semua tentu sangat prihatin dan berduka atas berbagai banyak bencana di Tanah Air, banjir, longsor dan sebagainya saat ini menjadi perhatian, kepedulian kita," tutupnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts