Keberadaannya Terlacak, Bule Viral yang Ajak WNA Pindah ke Bali Bakal Dipanggil Imigrasi
Nasional

Menurut Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto, dokumen izin WNA tersebut merupakan izin tinggal kunjungan yang berlaku hingga 2021.

WowKeren - Media sosial sempat dihebohkan oleh warga negara asing (WNA) yang mengajak pindah ke Bali di masa pandemi corona. Kekinian, keberadaan WNA pemilik akun Twitter atas nama Kristen Gray tersebut sudah diketahui dan akan segera dipanggil oleh pihak Imigrasi.

"Iya tapi belum ada konfirmasi, rencananya kita panggil tapi belum ada konfirmasi. Nanti kalau sudah kita sampaikan," tutur Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto dilansir detikcom pada Selasa (19/1). "Sudah diketahui alamatnya dan kita juga sudah dapat dia izin tinggalnya ada di Imigrasi Denpasar terus kemudian alamatnya pada saat itu posisi dia di Karangasem."

Menurut Eko, dokumen izin WNA tersebut merupakan izin tinggal kunjungan yang berlaku hingga 2021. Nantinya, pihak imigrasi akan menanyai WNA tersebut terkait utas Twitter-nya yang menyebut ada jalur khusus untuk masuk ke Indonesia.

"Masih berlaku sampai 2021 (izin tinggal) izin tinggal kunjungan aja sebenarnya," kata Eko. "Nah ini kita dalami terkait dengan pelanggaran bersangkutan namun yang harus dipastikan bahwa informasi yang jalur-jalur khusus yang disebut dia itu tidak ada di Imigrasi maupun di perlintasan."


Lebih lanjut, Eko menegaskan bahwa apa yang disebutkan WNA tersebut dalam utasnya terkait masuk ke Indonesia di masa pandemi corona tidak akan terjadi. Pasalnya, hanya pengunjung tertentu saja yang diizinkan masuk ke Indonesia, salah satunya pihak dengan urusan diplomatik.

"Karena memang kita hanya punya 9 jalur perlintasan saja itu pun juga intinya hanya berdasarkan surat Dirjen Imigrasi dan surat satgas COVID hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk contohnya yang diplomatik yang kemudian visa dinas kemudian juga izin tinggal terbatas juga izin tinggal tetap," papar Eko. "Jadi kalau yang seperti yang Kristen Gray izin tinggal kunjungan itu untuk sementara waktu nggak bisa, mau lewat mana aja enggak bisa, jadi intinya apa yang disampaikan Kristen Gray untuk saat ini sangat nihil terjadi."

Sebelumnya, utas yang ditulis oleh akun Twitter atas nama Kristen Gray membuat banyak warganet Indonesia geger. Kata kunci seperti "Bule" dan "Bali" bahkan menjadi trending topic terkait utas tersebut.

Utas yang viral di Twitter ini menjadi sorotan banyak orang lantaran beberapa hal. Mulai dari perihal ajakan untuk pindah ke Bali di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda di Indonesia, sampai soal pajak dan kewajiban yang sengaja diakali oleh WNA bersangkutan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru