Tanah Bergerak di Brebes Sebabkan 38 Rumah Rusak, Puluhan Warga Harus Mengungsi
Nasional

Belum lama ini tanah bergerak melanda dua desa di Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Peristiwa ini sendiri disebabkan oleh hujan dengan intensitas lebat.

WowKeren - Hujan lebat yang terjadi beberapa waktu terakhir menyebabkan sejumlah bencana alam. Salah satunya adalah tanah bergerak yang melanda dua desa di Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Peristiwa yang terjadi pada Selasa (12/1) dan Kamis (14/1) lalu ini menyebabkan 38 rumah warga rusak.

Menurut keterangan Abdul Farid selaku Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Brebes, tanah bergerak itu terjadi di dua wilayah. Pertama adalah Dukuh Sambung Regel, RT/RW. 03/03, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Brebes, yang terjadi pada Selasa (12/1). Insiden kedua terjadi pada Kamis (14/1) di Dukuh Legoksari, RT/RW. 01/03, Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog, Brebes.

Akibat peristiwa ini, 27 bangunan di Desa Manggis mengalami kerusakan dengan rincian 25 rumah, satu musala dan satu TPQ. Sedangkan kerusakan yang terjadi di Desa Buniwah menyebabkan 14 bangunan rusak yang terdiri dari 13 rumah dan satu masjid.

Meski tidak menelan korban jiwa, puluhan warga harus mengungsi karena rumahnya mengalami kerusakan. "60 warga Desa Manggis mengungsi," kata Abdul dilansir dari CNNIndonesia pada Rabu (20/1).


Selain itu, pihaknya terpaksa merobohkan dua rumah penduduk di Desa Manggis yang dianggap membahayakan. "Rumah sementara yang kami pantau itu dua yang sudah dirobohkan. Atapnya sudah membahayakan sekali, sehingga harus dikosongkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Satuan Tugas BPBD Brebes dibantu oleh relawan telah melakukan penutupan rekahan tanah agar aliran air tidak masuk. Pihaknya juga meminta warga setempat untuk waspada dan mengungsi jika kembali terjadi hujan dengan intensitas sedang atau lebat.

Terkini, Agus mengatakan keadaan di kedua desa tersebut sudah cukup kondusif. Warga yang mengungsi di posko juga mulai merapat ke rumah kerabat. Kendati demikian, sejumlah relawan tetap disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, peristiwa tanah bergerak di Brebes ini seolah menambah daftar panjang bencana alam yang melanda Tanah Air di awal tahun 2021. Sebelum ini Indonesia telah dilanda banyak bencana seperti gempa, banjir hingga tanah longsor yang terjadi di berbagai wilayah.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait