Perangi Ekstremisme di Medsos, Pemerintah Bakal Gandeng Influencer
Nasional

Pemerintah berencana untuk menggandeng influencer untuk memerangi ekstremisme di Indonesia seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 (Perpres Ekstremisme).

WowKeren - Pemerintah berencana untuk menggandeng influencer untuk memerangi ekstremisme di Indonesia. Pemerintah merasa peran influencer, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan belum optimal dalam melawan ekstremisme.

Wacana tersebut telah tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 (Perpres Ekstremisme). Lewat perpres itu, pemerintah membuat sejumlah program agar kalangan tersebut bisa lebih optimal dalam perannya melawan ekstremisme.

"Meningkatkan peran (partisipasi) tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, media massa, dan influencer media sosial dalam menyampaikan pesan mencegah ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme," demikian bunyi Perpres Nomor 7 Tahun 2021.

Lebih lanjut, ada tiga aksi yang dicantumkan untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, pemerintah melakukan koordinasi berkala dengan influencer, tokoh masyarakat, dan perusahaan media massa.


Aksi kedua adalah pengembangan jaringan penyedia produksi konten berbasis internet dengan melibatkan tokoh masyarakat, influencer, dan media massa. Konten yang dibuat bertujuan mencegah perkembangan ekstremisme.

Kemudian pemerintah melakukan kampanye kreatif dan inovatif pencegahan ekstremisme. Keempat, pemerintah memberi pelatihan kepada influencer, tokoh masyarakat, dan media massa dalam menyampaikan pesan pencegahan ekstremisme.

"Meningkatnya kesadaran kelompok sasaran melalui diseminasi produk-produk kampanye inovatif daring dan luring tentang pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah terorisme," bunyi salah satu hasil yang diharapkan dari program-program tersebut.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Christina Aryani setuju dan mendukung dengan penerbitan Perpres No. 7 tahun 2021. Dia mengatakan bahwa penyebaran paham ekstremisme sudah sangat masif.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait