Jangan Sampai Terlewat! Bulan Purnama Bakal Vertikal Tepat di Atas Ka'bah Pada 28 Januari
SerbaSerbi

Astronom menyebut bulan purnama akan berada tepat vertikal di atas Masjidil Haram, Arab Saudi pada Kamis (28/1) dini hari waktu setempat, atau sekitar pukul 04.43 WIB.

WowKeren - Fenomena angkasa yang langka akan kembali terjadi dalam waktu dekat. Para astronom menyebut bulan purnama akan berada sejajar tepat di atas Ka'bah, Mekkah, Arab Saudi, pada Kamis (28/1) besok.

Dilansir dari laman Alarabiya.net, fenomena langit ini akan terjadi pada pukul 00.43 waktu setempat. Atau sekitar pukul 04.43 WIB kalau di Indonesia. Pada waktu itu, masyarakat Mekkah bisa menyaksikan bulan purnama yang tepat berada vertikal di atas Masjidil Haram dengan mata telanjang.

"Bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk utara / timur laut, dan terbenam di ufuk utara / barat laut," kata Majed Abu Zahra, Presiden Asosiasi Astronom Jeddah, dalam wawancaranya. "Yang berarti bahwa ia akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam."

Jangan Sampai Terlewat! Bulan Purnama Bakal Vertikal Tepat di Atas Ka\'bah Pada 28 Januari

Twitter


Pada kesempatan itu, bulan akan berada pada ketinggian 89,57,46 derajat dan terang sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari Bumi. "Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai dengan terbitnya matahari Jumat," imbuh Abu Zahra, dilansir pada Selasa (26/1).

Fenomena ini jelas bukan sekadar peristiwa angkasa biasa. Sebab keberadaan bulan purnama yang tepat berada vertikal di atas Masjidil Haram sekaligus bisa menjadi penentu arah kiblat untuk umat Islam yang jauh dari lokasi geografis Arab Saudi.

Di sisi lain, fenomena semacam ini dikenal pula sebagai full wolf moon dan merupakan satu-satunya bulan purnama yang terjadi di bulan Januari. Nama ini sendiri merujuk pada anggapan bahwa serigala lebih sering melolong selama bulan pertama di awal tahun.

Dalam beberapa kebudayaan lain, bulan purnama di bulan Januari disebut pula sebagai cold moon atau severe moon. Fenomena langit ini merupakan salah satu dari sekian banyak yang bisa dinantikan sepanjang 2021. Selain full wolf moon, sekitar tanggal 27 Februari 2021 mendatang juga ada February's Snow Moon.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru