Heboh Warga Cianjur Dapat Bansos Ayam Hidup, Kemensos: Iya Enggak Apa-Apa
Rawpixel/Karolina/Kaboompics
Nasional

Menurut Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara, yang terpenting adalah bantuan itu disalurkan dan diterima oleh warga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

WowKeren - Penerima bantuan sosial (bansos) non-tunai di Cianjur, Jawa Barat, dibuat heran karena mendapatkan bantuan berupa ayam hidup. Salah satu warga mengaku tidak diberi alasan yang jelas kenapa komoditas daging ayam malah digantikan dengan ayam hidup.

Kementerian Sosial (Kemensos) sendiri rupanya tidak mempersoalkan pemberian bansos non-tunai dalam bentuk ayam hidup tersebut. Menurut Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara, yang terpenting adalah bantuan itu disalurkan dan diterima oleh warga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Iya enggak apa-apa, nanti supaya lebih jelas ditanya ke Dinsos Cianjur apakah ada tujuan lain, atau gimana," jelas Herman dilansir CNN Indonesia pada Selasa (26/1). "Yang salah itu kalau tidak diberikan, kalau diberikan kualitasnya lebih bagus enggak ada masalah sebetulnya."

Lebih lanjut, Herman menjelaskan bahwa pemberian bansos non-tunai jenis protein hewani secara garis besar memang bisa berbentuk telur, daging ayam/daging sapi/daging ikan. Adapun jenis protein hewani yang akan diberikan kepada warga penerima bantuan diatur oleh dinas sosial setempat.


"Ada di ketentuan umumnya memang jenisnya daging, tapi kan secara teknis diurus oleh daerah," papar Herman. "Yang penting tidak melanggar dari ketentuan umumnya (pemberian daging)."

Di sisi lain, pemberian bantuan berupa ayam hidup ini justru membuat warga geram. Pasalnya, ayam yang didapat malah mati setelah tiba di rumah.

"Ada juga yang mati saat sampai di rumah. Sudah bingung, kesal juga karena jadinya malah tidak bisa diolah," ungkap salah seorang warga Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran dilansir detikcom, Senin (25/1). "Mau disembelih juga sudah tidak bisa, karena kondisinya mati."

Menurutnya, warga lebih memilih daging ayam potong yang biasanya didapat. "Mending daging ayam potong, setengah kilogram pun murni daging. Kalau ayam hidup kan ada jeroan dan lainnya. Belum lagi ada yang mati," terangnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait