Listyo Sigit Resmi Dilantik Jadi Kapolri Saat Rabu Pon, Langsung Umbar Janji-Janji Ini
Nasional

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah resmi dilantik menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis pada Rabu (27/1) pagi. Usai dilantik, Sigit pun langsung membeberkan sejumlah janji kerjanya.

WowKeren - Presiden Joko Widodo langsung melantik Kapolri baru usai menerima dosis kedua vaksin COVID-19 pada Rabu (27/1) hari ini. Adalah sosok Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang menggantikan Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Kembali pemilihan waktu pelantikannya pun menjadi sorotan publik. Sebab Jokowi melantik Sigit saat jatuh Rabu Pon, pemilihan hari yang sama dengan reshuffle Kabinet Indonesia Maju akhir Desember 2020 lalu.

Dan usai dilantik, Sigit pun langsung menjanjikan sebuah hal terkait citra kepolisian. "Kami berangkat dari potret Polri di masyarakat dan apa yang diharapkan masyarakat terhadap Polri dan bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis," tegas Sigit dalam sambutannya usai pelantikan.

Mantan Kabareskrim itu ingin agar institusinya mampu memberi layanan publik yang baik. Selain itu Polri juga didorong untuk melayani secara transparan dan mampu memberi penegakan hukum secara berkeadilan.


"Ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindak lanjuti," terang Sigit, dilansir dari Tempo. "Sebagaimana kami tuangan dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di empat bidang dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan."

Sigit tak menampik bahwa pandemi COVID-19 akan memberi "beban" tersendiri untuk jabatan yang baru diembannya tersebut. Karena itulah ia memastikan Polri akan menjadi bagian dalam penegakan disiplin protokol kesehatan demi menuntaskan wabah virus Corona.

"Karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi," ujar Sigit. Pada kesempatan itu juga Sigit menegaskan Korps Bhayangkara siap membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini terjerat krisis akibat pandemi.

"Sehingga kita semua bisa segera terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh. Itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas Kamtibmas berjalan dengan lancar, aman, dan baik," pungkas Sigit.

Untuk informasi, Sigit merupakan calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi dalam pemilihan Kapolri. Sosoknya sebelumnya dikenal sebagai Kabareskrim dengan beberapa rekam jejak menarik, salah satunya berhasil membawa pulang buronan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru