Erick Thohir Tunjuk Ketum PBNU Said Aqil Jadi Komut PT KAI, Kementerian BUMN Ungkap Alasannya
Instagram/saidaqilsiroj53
Nasional

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan alasan Said Aqil dipercaya menggantikan Jusman Syafii Djamal sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

WowKeren - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Said Aqil kini juga merangkap sebagai Komisaris Independen PT KAI.

Dengan demikian, Said Aqil kini menggantikan posisi Jusman Syafii Djamal yang diberhentikan dengan hormat dari kursi Komisaris Utama. "Kami mengucapkan selamat kepada Said Aqil Siroj, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar. Semoga dapat membawa kemajuan bagi perkeretaapian Indonesia," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers, Rabu (3/3).

Kekinian, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan alasan Said Aqil dipercaya menggantikan Jusman. Arya menyebutkan bahwa Said Aqil juga dikenal sebagai Komisaris Utama Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange/ICDX).

"Jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai pengelolaan bisnis dan sebagai Komisaris. Jadi bukan sesuatu yang baru bagi beliau," jelas Arya kepada awak media. "Jadi beliau paham bagaimana jalannya sebuah market perusahaan dan sebagainya. Itu hal utama bagi kami bahwa beliau pernah punya pengalaman sebagai Komisaris dan Komut."


Lebih lanjut, Arya juga menyebut bahwa Kementeriannya membutuhkan tokoh umat di KAI dan BUMN. Oleh sebab itu, sosok Said Aqil dinilainya dapat membangun nilai-nilai kebangsaan di BUMN lantaran beliau merupakan ulama besar.

Sementara itu, Juru Bicara Ketum PBNU, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil, telah mengungkapkan reaksi Said Aqil atas penunjukkannya sebagai Komut KAI. Menurut Gus Nabil, Sad Aqil berterimakasih atas kesempatan yang diberikan negara kepadanya.

"Kyai Said Aqil ingin menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk masyarakat dan negara lewat pengabdian di PT KAI," ungkap Gus Nabil kepada Kompas TV. Gus Nabil mengungkapkan bahwa Said Aqil selaku Komut akan segera menggelar pertemuan dengan Dewan Komisaris KAI.

"Beberapa pekan ke depan akan ada pertemuan dengan Dewan Komisaris," pungkas Gus Nabil. "Di sana nanti akan terlihat langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja KAI."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts