Kini Sudah Negatif, TKI yang Terpapar Mutasi Corona B117 Ngaku Tak Rasakan Gejala
Pixabay
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Menurut A, dirinya telah menjalani tes swab di Jeddah dan dinyatakan negatif COVID-19. Namun sesampainya di Jakarta, hasil tes swab menunjukkan bahwa A positif COVID-19.

WowKeren - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilaporkan terpapar mutasi virus corona B117 asal Inggris setibanya di Indonesia. TKW tersebut diketahui baru kembali dari Arab Saudi melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kini, wanita berinisial A tersebut telah dinyatakan negatif COVID-19. A mengaku tidak merasakan gejala apa pun meski terpapar varian baru COVID-19 tersebut.

"Enggak ada gejala apa-apa Enggak sakit, enggak apa," terang A kepada Kompas TV, Jumat (5/3). "Semuanya juga sehat, Alhamdulillah."

Menurut A, dirinya telah menjalani tes swab di Jeddah dan dinyatakan negatif COVID-19. Namun sesampainya di Jakarta, hasil tes swab menunjukkan bahwa A positif COVID-19. "Tapi yang saya rasakan enggak ada apa-apa," ungkap A.

Setelah dinyatakan positif COVID-19 di Jakarta, A pun diminta untuk menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet selama 11 hari. Setelah kembali menjalani tes swab, A pun dinyatakan negatif COVID-19.


Karena telah dinyatakan negatif COVID-19, A sempat berkunjung ke Kabupaten Karawang dan kemudian pulang ke Brebes. Ia mengaku tidak diberitahu bahwa virus yang menjangkitnya merupakan varian B117 yang baru masuk ke Indonesia. "Saya enggak tahu, enggak ada yang ngomong (terpapar B117) kayak gitu," terang A.

Oleh sebab itu, A hanya tahu bahwa dirinya terpapar COVID-19 biasa, bukannya varian baru hasil mutasi. A mengaku kembali ke Brebes karena ada hajatan dan ia juga tidak diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah lantaran sudah sehat.

Meski demikian, A mengaku petugas dari Satgas COVID-19 setempat sempat mengunjungi kediamannya. A dan keluarganya juga diminta untuk menjalani tes swab PCR dan kini masih menunggu hasilnya.

"Alhamdulillah (keluarga) sehat, baik-baik saja," ungkap A. "Enggak ada yang sakit."

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes Sartono bahwa memastikan A pulang ke Brebes menggunakan mobil pribadi. "Pulang pakai kendaraan pribadi, tanggal 12 Februari di Brebes," jelas Sartono kepada CNN Indonesia.

Sartono sendiri baru mendapat kabar bahwa A terpapar mutasi B117 pada 3 Maret 2021 lalu. Setelah itu, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kepada A dan tujuh kontak erat lainnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts