Siap-Siap! Masyarakat Umum Bakal Terima Vaksin Bulan September Mendatang
Pixabay/DoroT Schenk
Nasional
Vaksin COVID-19

Mundur dari rencana semula, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum rencananya bakal digelar pada bulan September mendatang.

WowKeren - Pemerintah hingga saat ini tengah melaksanakan program vaksinasi gratis COVID-19 kepada masyarakat. Namun, masyarakat umum masih belum mendapatkan vaksin hingga tahap kedua yang dimulai pada bulan Februari lalu. Adapun kelompok yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin adalah tenaga kesehatan (nakes), lansia serta petugas pelayanan publik.

Pada Januari lalu, Presiden Joko Widodo menyebut vaksinasi corona ke masyarakat umum bisa dimulai pertengahan Februari beriringan dengan petugas pelayanan publik. "Sesuai yang saya sampaikan awal, pertama memang diprioritaskan nakes. Ini prioritas kemudian TNI, Polri, dan pelayan publik," ujar Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Namun, hal berbeda disampaikan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu 2 pekan kemudian. Ia menyebut vaksinasi ke publik umum baru dimulai pada Mei 2021 mendatang. "Program vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung mulai bulan Februari (tanggal 17) dan kita harapkan dapat selesai pada bulan Mei," kata Maxi dalam jumpa pers virtual yang ditayangkan di YouTube Kemenkes. "Pada bulan Mei juga kita akan memulai juga tahapan untuk masyarakat lainnya."

Baru-baru ini, Kemenkes merilis roadmap vaksinasi corona terbaru dari Kemenkes. Di sana lengkap rencana pemerintah mendatangkan vaksin dan kelompok mana yang akan disuntik.


Setelah vaksinasi ke lansia dan petugas publik, masyarakat rentan dulu yang menerima vaksin pada Juni 2021. Masyarakat rentan ini termasuk yang tinggal di daerah rentan atau zona merah.

Adapun kelompok rentan yang dimaksudkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di luar lansia adalah penderita komorbid atau yang memiliki penyakit bawaan, pekerja sektor informal, anak-anak, hingga penyandang disabilitas, dan penderita HIV positif. Setelah kelompok rentan, barulah masyarakat umum yang akan menerima vaksin pada September.

Untuk target masyarakat umum pada bulan September tersebut ada sekitar 194 juta dosis berarti untuk 97 juta orang. Proses vaksinasi sendiri ditargetkan akan selesai pada Maret 2022 tergantung dari ketersediaan vaksin yang ada.

Apabila vaksin lebih cepat datang dan vaksin Merah Putih lebih dahulu diproduksi maka proses akan lebih cepat. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka proses vaksinasi bisa lebih lama dari target yang telah ditentukan.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts