KSAD Beri Penjelasan Soal Eks Atlet Voli Putri Aprilia Manganang yang Ternyata Laki-Laki
Instagram/tni_angkatan_darat
Nasional

Sebagai informasi, Aprilia mengawali kariernya sebagai atlet voli kala bergabung dengan tim Alco Bandung pada tahun 2011. Ia bergabung dengan Korps Wanita TNI AD pada 2016 dengan pangkat Sersan Dua (Serda) TNI.

WowKeren - Mantan atlet voli putri, Serda Aprilia Manganang, dipastikan berubah status jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki. Hal ini diketahui usai Aprilia melakkukan pemeriksaan medis menyeluruh di RSPAD Gatot Subroto dan diketahui menderita kelainan Hipospodia.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa lantas menegaskan bahwa Aprilia bukanlah seorang transgender. Melainkan lahir sebagai laki-laki namun dengan kelainan hipospadia.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua," jelas Andika di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, pada Selasa (9/3). "Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ."


Terkait kelainan yang diderita Aprilia, pihak TNI AD membantunya dalam corrective surgery sebanyak dua kali. Aprilia sendiri kini telah menjalani operasi tahap pertama dan masih dalam proses pemulihan di RSPAD.

"Operasi ini yang saya katakan tadi adalah corrective surgery itu istilahnya atau operasi korektif. Jadi tidak ada pergantian kelamin yang bukan administrasi tadi. Kalau tadi yang akan kita urus ke Pengadilan Negeri Tondano tadi kan administrasi kependudukannya," tegas Andika. "Tetapi Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria. Itulah penegasan saya."

Lebih lanjut, Andika memastikan bahwa Aprilia tetap akan berkarier di TNI AD setelah selesai menjalani operasi. Menurut Andika, TNI AD akan membantu seluruh proses administrasi yang dibutuhkan oleh Aprilia.

"Bagaimana selanjutnya? Selanjutnya Manganang begitu masuk jajaran TNI AD dia menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal. Saya akan dengan kondisi ini, maka saya dengan staf akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas," pungkasnya. "Kemungkinan besar kita akan tempatnya di perbekalan dan angkutan atau kesehatan tergantung passion-nya Manganang lebih besar di mana."

Sebagai informasi, Aprilia mengawali kariernya sebagai atlet voli kala bergabung dengan tim Alco Bandung pada tahun 2011. Ia bergabung dengan Korps Wanita TNI AD pada 2016 dengan pangkat Sersan Dua (Serda) TNI.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait