Sandiaga Uno Beri Lampu Hijau Gelar Konser Musik, Ini Kata Polri Soal Perizinan
Pexels/Thibault Trillet
Nasional

Kepolisian RI angkat bicara terkait pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno soal restu untuk menggelar kembali konser musik hingga pekan olahraga di tengah pandemi COVID-19.

WowKeren - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah memberikan lampu hijau digelarnya sejumlah kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Seperti acara olahraga, musik, MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) serta acara budaya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri beserta jajarannya, karena hasil daripada video conference call kemarin mendapat respons yang sangat positif dari pelaku industri event, baik itu penyelenggara event di bidang olahraga, musik, MICE dan event berbasis budaya," kata Sandiaga, Rabu (10/3).

Namun, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono menyatakan hingga saat ini belum ada aturan ihwal perizinan yang keluar dari institusinya. "Belum. Kalau ada kebijakan nanti disampaikan," ujar Argo melalui pesan teks, Jumat (12/3).


Sebelumnya, Sandi menyebutkan jika pelaksanaan kegiatan tersebut juga harus memenuhi unsur CHSE, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Selain itu, pihak pengelenggara tetap harus memperhatikan status lokasi kegiatan berdasarkan penyebaran kasus COVID-19 di wilayah-wilayah tersebut.

Status lokasi kegiatan ini akan diklasifikasi dalam tiga zona, yakni zona hijau, zona kuning, dan zona merah. Jika wilayah tersebut masuk dalam zona hijau, maka kegiatan bisa dilaksanakan terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jika wilayah masuk zona kuning, maka kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara terbatas dan virtual.

"Dan seandainya tidak dalam posisi untuk dilakukan kegiatan (zona merah), maka akan ada opsi untuk menjalankan kegiatan tersebut melalui virtual," terang Sandi. "Fleksibilitas inilah yang mudah-mudahan teman-teman event yang bisa membangun."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait