Nadiem Ngotot Buka Sekolah Tatap Muka Bulan Juli, Ini Alasannya
Facebook/Kemdikbud.RI
Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkap sejumlah alasan pemerintah memutuskan pembukaan sekolah setelah vaksinasi COVID-19 guru dan tenaga kependidikan rampung.

WowKeren - Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan tetap pada keputusannya untuk membuka sekolah tatap muka kembali usai vaksinasi COVID-19 kepada guru dan seluruh tenaga pendidik rampung. Ia pun mengungkap sejumlah alasannya.

Alasan yang pertama, karena ndonesia sudah sangat tertinggal dalam kebijakan pembukaan sekolah dibanding negara-negara lain yang juga terdampak pandemi COVID-19. "Dari semua 23 negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik, 85 persen dari semua negara tersebut sudah buka sekolahnya. Kita tertinggal, kita hanya 15 persen (sekolah) yang partially open," tutur Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR, Kamis (18/3).

Dalam pernyataannya, Nadiem juga menyoroti Amerika Serikat (AS) yang menurutnya memiliki eskalasi kasus COVID-19 lebih parah daripada Indonesia, meskipun pelaksanaan vaksinasi mereka lebih cepat. Ia menyebutkan jika AS bahkan sudah membuka setidaknya 40 persen dari sekolah mereka.


Selain itu, mantan bos GoJek itu khawatir apabila angka pernikahan dini semakin meningkat apabila sekolah tatap muka tak segera dibuka. "Dampak riil dan permanen yang bisa terjadi anak putus sekolah persepsi orang tua banyak yang liat nggak ada peran sekolah apabila tak tatap muka, learning lost akan terus berkembang jika tidak memulai pembelajar tatap muka terbatas, kekerasan pada anak, kekerasan domestik, pernikahan dini," imbuhnya.

Tak hanya itu, pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang selama ini diterapkan juga dinilai menambah beban para perempuan. Karena harus tetap bekerja sambil mengawasi anak yang belajar jarak jauh. "Saya harus bilang secara proporsional untuk PJJ ini bagi perempuan bebannya lebih besar lagi karena tadinya punya pekerjaan di luar semua terhambat karena jaga anak di rumah," tuturnya.

Oleh karena itu, Nadiem memberikan opsi untuk memulai lagi sekolah tatap muka. Bahkan opsi tersebut telah diberikan oleh Kemendikbud sejak bulan Januari lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait