Penjelasan Bareskrim Soal Polemik Pemberian Badge Award Untuk Pelapor Aktif di Medsos
Instagram/ccicpolri
Nasional

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Brigadir Jenderal Slamet Uliandi memberi penjelasan terkait pemberian hadiah berupa badge atau lencana kepada masyarakat yang aktif dalam melaporkan dugaan tindak pidana di medsos.

WowKeren - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berencana untuk memberikan hadiah berupa badge atau lencana kepada masyarakat yang aktif dalam melaporkan dugaan tindak pidana yang terjadi di media sosial. Sayangnya, ide tersebut menuai kritikan dari sejumlah pihak.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Brigadir Jenderal Slamet Uliandi pun menjelaskan jika badge tersebut bukan untuk membuat masyarakat saling melapor. "Diberikan kepada masyarakat yang dapat memberikan informasi yang terverifikasi, khususnya untuk kasus yang tidak terungkap," kata Slamet kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/3). "Tapi kalo kasus hanya saling lapor yang tentunya kami bisa ungkap, bukan sesuatu hal yang luar biasa."


Slamet pun menjelaskan jika informasi mengenai suatu kejahatan itu nantinya bisa diadukan ke platform-platform resmi milik siber polri. Seperti lewat direct message (DM) ke akun instagram resmi Polri @ccicpolri.

Beberapa informasi yang dimaksud oleh Slamet ialah berkaitan dengan kasus-kasus scamming, financial technology, ataupun informasi terkait akun-akun anonim di jagat maya. Nantinya, informasi tersebut akan diverifikasi lebih lanjut dan dilakukan penyelidikan oleh aparat kepolisian.

Apabila kasus tersebut dapat terungkap, maka Polri akan memberikan penghargaan itu. "Kami cek pelakunya ini, kami sidik memenuhi unsur dan dipidanakan, setelah putus (pengadilan), baru kami kasih digital badge-nya. itu bentuk penghargaan kami kepada pemberi informasi," jelasnya.

Meski demikian, ia mengatakan jika pihaknya belum menentukan lebih lanjut mengenai mekanisme penilaian terhadap informasi-informasi yang dimaksudkannya itu. Pasalnya, pihak kepolisian masih masih menyusun sejumlah indikator penilaian.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait