Habiskan Anggaran Negara Rp 320 M, Nipa-Nipa Di Sulawesi Selatan Siap Dioperasikan
setkab.go.id/Humas Setkab/Rahmat
Nasional

Proyek Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Sulawesi Selatan telah selesai dikerjakan dan diresmikan oleh Jokowi. Proyek pembangunan infrastruktur tersebut, diketahui menghabiskan anggaran dana sebanyak Rp 320 miliar.

WowKeren - Pada Kamis (18/3), Presiden RI Joko Widodo diketahui bertolak ke Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu agenda kegiatan kunjungan kerja Jokowi adalah meresmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Makassar.

Setelah dikerjakan dengan kurun waktu sekitar lima tahun, akhirnya proyek pembangunan Kolam Regulasi Nipa-Nipa telah selesai dan diresmikan Jokowi. "Alhamdulillah hari ini kami resmikan, kami operasikan, karena telah selesai dibangun selama lima tahun, yaitu Kolam Regulasi Nipa-Nipa," ujar Jokowi saat meresmikannya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (19/3).

Jokowi mengatakan Kolam Regulasi Nipa-Nipa tersebut akan menjadi fasilitas pengaturan air di wilayah setempat untuk memitigasi banjir dan genangan. Ia juga mengatakan luas tanah yang dibangun sebagai kolam sebesar 83 hektare (ha) dengan daya tampung 2,7 juta meter kubik air. Dengan spesifikasi tersebut, kolam diperkirakan bisa mengurangi banjir sekitar 45 persen.

Presiden Jokowi juga mengatakan Kolam Regulasi Nipa-Nipa diibaratkan seperti waduk. Pembangunan infrastruktur kolam tersebut diketahui menghabiskan anggaran dana negara sebanyak Rp 320 miliar.


"Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini menghabiskan anggaran Rp 320 miliar," tutur Jokowi. "Ini mencangkup 83 hektare (ha) luasnya, ini memang sangat luas sekali, hampir mirip dengan waduk."

Jokowi mengharapkan dengan adanya kolam regulasi tersebut, Kota Makassar dapat terbebas dari genangan dan banjir. Sebab ketika Das Talo menguap, wilayah Kota Makassar kedapatan banyak genangan air.

"Sehingga Kota Makassar, kita harapkan bisa bebas dari genangan dan banjir, bebas dari air yang biasanya meluap dari Das Talo ini, karena sekarang telah diatur dan dikendalikan oleh Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini," pungkas Jokowi.

Dengan dibangunnya Kolam Regulasi Nipa-Nipa ini, Presiden Jokowi juga berharap dapat memberi dukungan dan kemajuan bagi Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, ia juga berjanji akan meminta Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan untuk bisa segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan di Sulawesi Selatan.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts