Juru Damai RI-GAM Farid Husain Meninggal Dunia, JK: Jasanya Sangat Besar Kepada Negara
Instagram/jusufkalla
Nasional

Dr Farid Husain merupakan salah satu tim negosiator RI-GAM bersama Jusuf Kalla beberapa tahun silam. Kini sang juru damai dikabarkan berpulang di usianya yang ke-71 tahun.

WowKeren - Kabar duka datang dari mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Pasalnya sang sahabat yang juga pernah menjadi juru damai untuk konflik Indonesia dan GAM, dr Farid Husain, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (23/3) hari ini.

"Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah, dr. Farid Husain, Sp. B.KBD," tulis JK sebagai caption unggahannya di Instagram kala mengabarkan kepergian sang juru damai. Tak hanya itu, JK pun mengungkap sosok mendiang sudah berjasa begitu besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

"Dokter Farid, seorang tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian konflik Poso, Ambon dan Aceh. Jasanya sangat besar kepada bangsa dan negara," tulis JK.

Dalam keterangan yang diterima awak media dari sang anak, Longgo Farid, juru damai yang terlibat dalam upaya perdamaian sejumlah daerah yang pernah berkonflik di Indonesia tersebut wafat pada pukul 20.18 WITA di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Dr Farid berpulang di usianya yang ke-71 tahun namun hingga kini belum diketahui apa penyebabnya.


"Mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat beliau semasa hidupnya. Dan jika masih ada sangkutan beliau mohon menghubungi keluarga untuk diselesaikan segera," ujar Longgo dalam keterangannya, dikutip dari Tribun Timur. "Semoga segala kebaikan yang tekah dilakukan beliau bisa menjadi pahala jariyah di akhirat nanti."

PT Bio Farma pun turut mengucapkan duka atas kepergian almarhum, mengingat posisi Farid sebagai Komisaris Utama BUMN tersebut. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar juga ikut membenarkan kabar duka ini. Ketua IDI Makassar dr Siswanto Wahab menyatakan dr Farid memang sempat dirawat secara intensif di rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Dr Farid Husain merupakan salah satu tokoh yang berjasa besar dalam proses negosiasi perdamaian RI dan GAM. Kala itu Farid merupakan bagian dari tim JK untuk menyelesaikan konflik di Aceh yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Farid sendiri berperan melaksanakan inisiatif JK di belakang layar (second track diplomacy). Sejak tahun 2003, Farid terus menjalin komunikasi membangun kepercayaan ke dalam lingkungan pimpinan GAM di dalam dan luar negeri.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts