'Joseon Exorcist' Alami Penurunan Rating Usai Dikritik Gunakan Properti Tiongkok
SBS
TV

SBS sudah menjelaskan alasan mengapa mereka menggunakan properti Tiongkok. Namun, stasiun TV tetap meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi penonton.

WowKeren - "Joseon Exorcist" menghadirkan episode terbaru pada Selasa (23/3). Drama sageuk terbaru SBS yang dibintangi oleh Jang Dong Yoon cs itu rupanya mengalami penurunan rating dari episode perdana.

Menurut Nielsen Korea, "Joseon Exorcist" episode terbaru mencatat rating sebesar 4,5 persen dan 6,9 persen. Padahal episode perdananya meraih rating kuat sebesar 5,7 persen dan 8,9 persen.

Penurunan rating "Joseon Exorcist" ini kemungkinan disebabkan oleh komentar kritikan dari penonton karena dalam beberapa adegan, drama ini menggunakan properti Tiongkok dan itu diklaim sebagai distorsi dari sejarah Korea.

Dalam salah satu adegan di "Joseon Exorcist", penonton melihat kue bulan Tiongkok dan pidan Tiongkok (telur abad) di atas meja minum. Selain itu ada juga pangsit Tiongkok dan apa yang tampak seperti botol minuman keras gaya Tiongkok dengan huruf Tiongkok untuk minuman keras tertulis di atasnya.


Namun, SBS sebenarnya sudah menjelaskan alasan mengapa mereka menggunakan properti Tiongkok. Meski demikian, stasiun TV tetap meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi penonton.

"Itu adalah lokasi di mana rombongan pengusir setan barat dapat beristirahat setelah melakukan perjalanan melalui Dinasti Ming dan baru saja memasuki Joseon, dan karena itu adalah wilayah yang dekat dengan perbatasan Dinasti Ming, kami menyiapkan alat peraga sambil menggunakan imajinasi kami bahwa akan ada sering menjadi lalu lintas orang Tiongkok," tulis SBS.

"Kami minta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan selama menonton melalui pemandangan yang dapat disalahpahami selama waktu sensitif ini. Kami akan memperhatikan produksi di siaran mendatang," pungkas SBS.

"Joseon Exorcist" sendiri merupakan drama fantasi eksorsisme tentang pertempuran sengit untuk melindungi orang-orang Joseon dari roh jahat yang tertarik pada ambisi dan keserakahan manusia.

Selama patrolinya di wilayah utara, Lee Bang Won (kemudian menjadi Raja Taejong) bertemu dengan roh jahat dari Barat yang ingin menguasai manusia. Meskipun Raja Taejong menyegel roh jahat itu, ia dibangkitkan di kerajaan Joseon karena keserakahan dan keinginan manusia.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel