Tersandung Isu Distorsi Sejarah, Penulis Naskah 'Joseon Exorcist' Diduga Menghina Dinasti Joseon
SBS
TV
Kontroversi Joseon Exorcist

Penulis naskah Park Kye Ok dituding telah menghina sejarah pendirian Dinasti Joseon setelah 'Joseon Exorcist' menuai kontroversi hebat. Berikut penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Kontroversi drama "Joseon Exorcist" semakin meluas meski perusahaan produksi dan SBS telah menyampaikan permohonan maaf. Kini, sejumlah penonton percaya bahwa penulis Park Kye Ok sengaja menciptakan "Joseon Exorcist" untuk mengejek sejarah berdirinya Dinasti Joseon di Korea.

Seperti yang diketahui, "Joseon Exorcist" dikrtik atas distorsi sejarah dan penggunaan properti bergaya Tiongkok. Tak hanya penonton yang memprotes drama Jang Dong Yoon tersebut, namun sejumlah pengiklan turut membatalkan kontraknya. Puncaknya, ratusan ribu orang menandatangi petisi Blue House untuk menuntut penghentian tayang "Joseon Exorcist".

Dengan kontroversi yang semakin meluas, netizen percaya bahwa penulis Park Kye Ok sengaja mengejek pendirian Dinasti Joseon lewat naskah "Joseon Exorcist". Hal ini dikarenakan plot "Joseon Exorcist" menyebutkan, "Lee Sung Kye (Raja Taejo), pendiri Joseon, terlalu lemah untuk menggulingkan monarki kuno".

Tersandung Isu Distorsi Sejarah, Penulis Naskah \'Joseon Exorcist\' Diduga Ejek Dinasti Joseon

Source: Allkpop

Selain itu, "Joseon Exorcist" juga menyertakan deskripsi yang memuat gambaran historis yang salah. Seperti yang pertama, "Lee Sung Kye meminta bantuan dari Gereja Katolik Roma untuk menggulingkan monarki Goryeo"


Tersandung Isu Distorsi Sejarah, Penulis Naskah \'Joseon Exorcist\' Diduga Menghina Dinasti Joseon

Source: Allkpop

Kedua adalah, "Gereka Katolik Roma yang memutuskan membantu Lee Sung Kye untuk menggulingkan negara Budha di Goryeo dan mengubah negara baru menjadi Katolik."

Dan yang terakhir, "Dengan demikian, gereja mengirim pengusir setan yang memegang kekuasaan atas mayat hidup, yang akhirnya membantu Lee Sung Kye mendirikan Joseon dan menjadi raja. Namun setelah itu, Lee Sung Kye mengkhianati dan membunuh semua orang yang membantunya."

Sejumlah netizen merasa geram setelah melihat keterangan yang ditampilkan dalam beberapa platform streaming asing. Mereka khawatir masyarakat internasional akan salah memahami deskripsi "Joseon Exorcist" sebagai sejarah yang sebenarnya.

Lebih lanjut, menurut laporan orang dalam pada Kamis (25/3), cerita "Joseon Exorcist" akan terus melenceng dari sejarah. Pada akhirnya, Pangeran Chungnyeong (yang kemudian menjadi Raja Sejong, diperankan Jang Dong Yoon), akan belajar cara pengusiran setan dari Gereja Katolik Roma dan menjadi pengusir setan sendiri.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts