SBS Umumkan Hentikan Penayangan 'Joseon Exorcist', Ungkap Kondisi Memprihatinkan Ini
SBS
TV
Kontroversi Joseon Exorcist

SBS sebelumnya telah menyatakan akan mengedit bagian-bagian yang kontroversial. Namun ada lebih dari 184 ribu telah menandatangani petisi agar drama dihentikan permanen.

WowKeren - Drama SBS "Joseon Exorcist" yang dibintangi Jang Dong Yoon itu tersandung kontroversi karena dianggap kisahnya mendistorsi sejarah Korea Selatan ditambah lagi ada penggunaan properti bergaya Tiongkok di dalamnya.

Karena banyaknya kritikan dan petisi yang dibuat penonton untuk menghentikan penayangan "Joseon Exorcist", SBS akhirnya mengambil tindakan. Stasiun TV publik itu resmi menghentikan penayangan drama tersebut.

"Kami ingin berbagi posisi kami tentang Joseon Exorcist. SBS telah memutuskan untuk membatalkan kontrak hak siar Joseon Exorcist dan membatalkan siaran, setelah mengakui parahnya insiden sebelumnya," tulis SBS.

SBS juga mengungkap kondisi memprihatinkan bahwa mereka kemungkinan bakal mengalami kerugian ekonomi karena keputusan penghentian penayangan "Joseon Exorcist" ini. "SBS telah membayar sebagian besar biaya untuk hak siar dan perusahaan produksi telah menyelesaikan sekitar 80 persen proses syuting untuk drama itu," sambung SBS.


"Meskipun ada kekhawatiran di pihak kami tentang kerugian ekonomi dan kesenjangan penjadwalan bagi kami dan perusahaan produksi, kami telah memutuskan untuk membatalkan siaran, dengan perasaan tanggung jawab yang berat sebagai stasiun penyiaran publik," pungkas SBS.

SBS sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka akan mengedit bagian-bagian yang kontroversial, namun itu tidak cukup bagi penonton. Sudah lebih dari 184 ribu telah menandatangani petisi Gedung Biru agar acara tersebut dihapus dari siaran secara permanen.

Kini setelah pengumuman penghentian penayangan, foto-foto dan video promosi "Joseon Exorcist" di media sosial resmi SBS sudah dihapus. Stasiun TV itu bahkan sudah menghapus konten promosi drama sageuk itu dalam website resmi.

Sementara itu, "Joseon Exorcist" merupakan drama fantasi eksorsisme tentang pertempuran sengit untuk melindungi orang-orang Joseon dari roh jahat yang tertarik pada ambisi dan keserakahan manusia.

Selama patrolinya di wilayah utara, Lee Bang Won (kemudian menjadi Raja Taejong yang diperankan Kam Woo Sung) bertemu dengan roh jahat dari Barat yang ingin menguasai manusia. Meskipun Raja Taejong menyegel roh jahat itu, ia dibangkitkan di kerajaan Joseon karena keserakahan dan keinginan manusia.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts