Vaksin Nusantara Ala Terawan Tuai Polemik, Menkes Budi Gunadi Tegas Instruksikan Hal Ini
Twitter/KemenkesRI
Nasional
Kontroversi Vaksin Nusantara

Menkes Budi Gunadi Sadikin akhirnya ikut angkat bicara menanggapi kontroversi yang menyelimuti pengembangan Vaksin Nusantara yang digagas pendahulunya, Terawan Agus Putranto.

WowKeren - Kontroversi Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus bergulir panas. Diketahui uji klinis tetap dilanjutkan dengan dukungan mulai dari eks Menkes Siti Fadilah sampai selebriti Anang Hermansyah dan Ashanty kendati Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tak menurunkan izin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun ikut buka suara menanggapi polemik yang ada. Ia menegaskan bahwa pihaknya selalu mendukung setiap riset yang dilakukan anak bangsa, namun tetap saja faktor keamanan, apalagi untuk produk vaksin, adalah perhatian serius.

"Bener-bener harus dibikin berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah dan protokol kesehatan yang baku dan tepat," tegas Budi Gunadi dalam sebuah diskusi daring, Minggu (18/4). "Itu tolong jangan di-cross, jangan di-shortcut, jangan di-cut corners."

Pada intinya, Budi Gunadi mengingatkan bahwa penelitian vaksin tidak boleh sampai mengabaikan prosedur baku dan ilmiah yang berlaku. Sedangkan terkait kontroversi yang ada, Budi Gunadi mengingatkan supaya tidak menghambur-hamburkan waktu dan energi.


Mantan Wakil Menteri BUMN itu mengajak seluruh pihak untuk fokus pada hal yang konkret untuk menyelamatkan nyawa daripada meributkan sesuatu yang bukan keahliannya. "Ini sesuatu yang sifatnya sangat scientific, sangat-sangat ilmiah. Jadi tolong dibicarakan di tataran ilmiah," ujar Budi Gunadi, dikutip dari Detik Health pada Senin (19/4).

Apa maksud membicarakan di tataran ilmiah? Menurut Budi, polemik yang ada ini seharusnya menjadi momentum untuk para ilmuwan yang kompeten di bidangnya berdebat di jurnal ilmiah misalnya. Jangan sampai masalah ini kemudian dibawa ke ranah lain seperti politik.

"Biarkan mereka berdebat di tataran ilmiah. Kalau terlalu banyak berdebat di tataran medsos kalau menurut saya juga nggak bener ya," pungkas Budi Gunadi.

Masalah Vaksin Nusantara memang tak henti diperdebatkan dengan kubu pendukung dan penolak yang sama-sama kuat. Kendati demikian, sampai saat ini Terawan selaku penggagas utama vaksin COVID-19 berbasis sel dendritik itu belum memberikan pernyataan menanggapi polemik yang terjadi. Terawan malah dilaporkan sudah menyuntikkan Vaksin Nusantara untuk Aburizal Bakrie pada akhir pekan lalu.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts