Piala Oscar 2021: Youn Yuh Jung 'Minari' Jadi Aktris Korea Pertama Yang Menang Penghargaan Akting
Getty Images/Pool
Film
Piala Oscar 2021

Youn Yuh Jung mencetak sejarah sebagai aktris Korea Selatan pertama yang meraih penghargaan akting di Oscar sejak 1957. Ia tercatat menjadi pemenang Asia kedua di penghargaan yang sama.

WowKeren - Academy Awards Tahunan ke-93 atau yang dikenal dengan Oscar 2021 saat ini, Senin (26/4) sedang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam ajang penghargaan bergengsi ini, aktris Korea Selatan yakni Youn Yuh Jung berhasil membawa pulang satu penghargaan.

Youn Yuh Jung baru saja diumumkan sebagai pemenang Aktris Pendukung Terbaik. Aktris kelahiran tahun 1947 itu mengalahkan Maria Bakalova "Borat Subsequent Moviefilm", Glenn Close "Hillbilly Elegy", Olivia Colman "The Father" hingga Amanda Seyfried "Mank".

Youn Yuh Jung meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik lewat perannya sebagai Soon Ja di "Minari". Ia mencetak sejarah baru sebagai aktris Korea Selatan pertama yang berhasil meraih penghargaan akting di Oscar sejak 1957.

Youn Yuh Jung juga tercatat menjadi pemenang Asia kedua untuk penghargaan Aktris Pendukung Terbaik. Kemenangan Youn Yuh Jung juga menandai tahun kedua berturut-turut aktor Korea Selatan memenangkan penghargaan di Oscar.


Piala Oscar 2021: Youn Yuh Jung \'Minari\' Jadi Aktris Korea Pertama Yang Menang Penghargaan Akting

Source: Twitter

Tahun lalu, sutradara Bong Joon Ho memenangkan empat penghargaan untuk karyanya di "Parasite". Baik Youn Yuh Jung dan Han Ye Ri terbang dari Korea Selatan ke Los Angeles untuk menghadiri acara tersebut secara langsung.

"Minari" sendiri masuk dalam enam nominasi Oscar 2021 mulai dari Film Terbaik, Aktor Terbaik (Steven Yeun), Aktris Pendukung Terbaik (Youn Yuh Jung), Sutradara Terbaik dan Skenario Asli Terbaik (Lee Isaac Chung), serta Musik Orisinal terbaik (Emile Mosseri).

Film "Minari" mengisahkan tentang keluarga imigran dari Korea Selatan yang memulai kehidupan baru di daerah pinggiran Amerika Serikat pada tahun 80-an. Cerita film ini diangkat dari pengalaman pribadi dan ekspresi dari sutradara sebagai seorang imigran.

Sementara itu, Youn Yuh Jung sebelumnya telah menerima dua penghargaan internasional lain lewat perannya di "Minari". Ia meraih Aktris Pendukung Terbaik pada ajang BAFTA 2021 (British Academy Film And Television Arts Awards) dan SAG (Screen Actor Guild Awards) 2021.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts