Dipimpin Prabowo, 53 Awak KRI Nanggala-402 Resmi Terima Tanda Kehormatan dan Naik Pangkat
Twitter/AsiaMTI
Nasional

Upacara penganugerahan tanda kehormatan untuk 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 tersebut digelar di Hanggar 2 Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (29/4).

WowKeren - 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur telah resmi mendapat tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya dan menerima kenaikan pangkat luar biasa dari pemerintah Indonesia. Anugerah tersebut diserahkan kepada keluarga kru KRI Nanggala dalam Upacara Militer yang dipimpin Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Kamis (29/4) hari ini.

Upacara penganugerahan tersebut digelar di Hanggar 2 Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menegaskan bahwa perjuangan 53 awak kapal selam yang gugur tersebut tidak akan sia-sia, sehingga pihak keluarga patut merasa bangga.

"Saya yakin pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia dan para keluarga yang ditinggal patut merasa bangga atas pengorbanan yang besar tersebut," tutur Prabowo dalam sambutannya. "Saya juga menyampaikan harapan agar semua keluarga yang ditinggal diberi kekuatan tegar menghadapi musibah yang besar ini."

Lebih lanjut, Prabowo menyatakan bahwa negara akan memberikan perhatian lebih bagi masa depan seluruh keluarga awak KRI Nanggala-402. Presiden Joko Widodo sendiri disebutnya telah menaruh perhatian yang besar bagi pihak keluarga.


"Pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat kita serta banyak organisasi yang telah mengambil keputusan untuk menjaga masa depan seluruh keluarga awak kapal Nanggala-402," lanjut Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. "Dari Presiden sendiri menaruh perhatian yang besar para menteri-menteri terkait telah diberi instruksi dan semua pihak akan mengawasi masa depan keluarga awak kapal KRI Nanggala."

Pihak keluarga pun diharap bisa mendapat ketabahan dalam menghadapi tragedi tenggelamnya kapal selam ini. "Sekali lagi saya berharap keluarga yang ditinggalkan akan bangga tegar dan menjaga keharuman nama para prajurit TNI yang telah memberi segala-galanya demi negara bangsa dan tanah air," pungkas Prabowo.

Adapun penganugerahan tanda kehormatan dan kenaikan pangkat ini didasarkan pada Keppres RI No 26/TK/Tahun 2021 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya, Keppres RI No 39/TNI/ Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat luar biasa operasi selain perang anumerta. Selain itu, ada pula Kepmenhan RI No 466/IV/2021 tentang pemberian kenaikan pangkat anumerta dan Kep Panglima TNI Nomor Kep 341/IV/2021 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

Upacara penganugerahan tersebut dihadiri pula oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, hingga KASAL Laksamana TNI Yudo Margono. KASAL dan keluarga awak kapal selam juga merencanakan acara tabur bunga di Selat Bali tempat tenggelamnya KRI Nanggala-402 pada Jumat (30/4) besok.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru