Kemenag Siap Gelar Sidang Isbat Idul Fitri 11 Mei, Bisa Diakses di Sini
https://kemenag.go.id/
Nasional
Idul Fitri 2021

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriah, yang merupakan hari pertama Idul Fitri, pada Selasa (11/5) mendatang.

WowKeren - Tanpa terasa bulan suci Ramadan akan segera berlalu dan tentu saja langsung disambut dengan Idul Fitri tepat pada 1 Syawal 1442 Hijriah. Hasil penghitungan hisab oleh Muhammadiyah menyatakan hari-H Lebaran itu akan jatuh pada Kamis (13/5).

Namun untuk menegaskan hasil penghitungan hisab itu, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal bulan Syawal. Sedianya sidang ini akan dilakukan pada Selasa (11/5) pekan depan, bertepatan dengan 29 Ramadan 1442 Hijriah.

Sedianya Menag Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung sidang isbat tersebut. Namun karena masih pandemi COVID-19, sidang isbat akan digelar dengan protokol kesehatan ketat.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H," ujar Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu (5/5). "Secara daring dan luring."

Lantas di mana masyarakat bisa mengakses sidang isbat ini? Dijelaskan Kamaruddin, peliputan akan dilakukan secara terbatas karena prokes, namun sidang juga akan digelar secara siaran langsung maupun menggunakan Zoom.


"Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI," tutur Kamaruddin. "Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming."

Sedianya sesi pertama sidang isbat ini akan digelar mulai pukul 16.45 WIB, yang diawali dengan paparan posisi hilal awal Syawal 1442 Hijriah oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Selepas Maghrib, sidang kembali dilanjutkan dengan laporan data hisab dan hasil rukiyatul hilal.

Rukiyatul hilal alias mengamati anak bulan akan dilakukan di 88 titikd di seluruh indonesia. Setelahnya akan dilanjutkan dengan sidang pengambilan keputusan kapan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tiba.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi," terang Kamaruddin. "Serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag."

Bila merujuk pada penyiaran sidang isbat awal Ramadan pertengahan April 2021 kemarin, maka agenda ini bisa disaksikan secara live streaming di akun YouTube Kemenag. Di sisi lain, sidang isbat juga akan mengundang sejumlah pihak seperti perwakilan DPR RI, representatif ormas Islam, MUI, dan beberapa Duta Besar negara sahabat.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts