3 Varian 'Seram' COVID-19 Sudah Masuk RI, Bali Tetap Fokus Buka Pariwisata Internasional Juli
Unsplash/Adriel Prastyanto
Nasional
Efek Corona untuk Pariwisata

Bali berencana membuka pintu untuk internasional mulai Juli 2021. Padahal saat ini Indonesia sudah 'dikepung' 3 varian COVID-19, yakni varian Inggris, India, dan Afrika Selatan.

WowKeren - Wabah COVID-19 di Indonesia belum teratasi, namun sudah kembali terancam dengan masuknya varian-varian meresahkan virus Corona. Seperti misalnya varian Inggris (B.1.1.7), varian Afrika Selatan (B.1.351), dan varian India (B.1.617).

Meski demikian, masuknya varian-varian COVID-19 yang secara garis besar lebih berbahaya itu tak mengurungkan rencana Indonesia untuk membuka pintu pariwisata internasional. Sedianya Bali, sebagai salah satu tumpuan utama wisata Tanah Air, siap membuka pintu per Juli 2021 mendatang.

"Sampai sekarang kami belum ada untuk menggeser target tersebut," tegas Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Senin (10/5). "Masih ada beberapa bulan ke depan."

"Beberapa hari yang lalu saya juga sempat turun dengan Pak Menteri (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin), itu masih berpegang pada fokus kita di bulan Juli," sambungnya. Namun hingga kini upaya pembukaan pariwisata internasional itu masih diproses oleh pemerintah Bali ke pemerintah pusat.


"Jadi segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana pembukaan di bulan Juli," jelasnya. "Termasuk tentang visa pengaturan asuransinya itu sedang kita bahas."

Menurut wagub yang akrab disapa Cok Ace ini, sudah banyak wisatawan mancanegara yang memesan tiket perjalanan ke Bali namun terpaksa dibatalkan karena belum dibuka. Kendati demikian, ia juga mengaku tak bisa memastikan bagaimana gambaran wisata nanti di tengah bermunculannya varian-varian virus Corona.

Beberapa negara yang sudah dibidik agar datang ke Bali seperti turis Singapura dan India. Namun tampaknya wacana berpotensi ditunda karena kondisi pandemi COVID-19 di kedua negara yang memburuk.

Sejauh ini Bali melaporkan temuan varian COVID-19 Afrika Selatan alias B.1.351 dan Inggris alias B.1.1.7. Untuk pasien COVID-19 B.1.351 diketahui adalah pelaku pariwisata dari Kabupaten Badung yang kini telah berpulang. Sedangkan satu tenaga kesehatan di Kota Denpasar disebut tertular COVID-19 B.1.1.7 dan kini telah dinyatakan sembuh.

Di sisi lain, Indonesia memang berencana membuka travel bubble 3B. Yakni Bali, Bintan, dan Batam.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts