Pandemi Corona, Hampir Semua Masjid Besar di Jakarta Disebut Bakal Gelar Salat Id
Unsplash/Sangga Rima Roman Selia
Nasional

Ketua DMI DKI, KH Makmun Al Ayyubi, menyebut bahwa masjid-masjid besar seperti Masjid Sunda Kelapa dan Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) telah mempersiapkan Salat Id sejak jauh-jauh hari.

WowKeren - Umat Muslim Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada Kamis (13/5) besok. Sama seperti tahun ini, Idul Fitri tahun ini terpaksa dilaksanakan di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Meski pandemi masih berlangsung, hampir semua masjid besar di Jakarta, kecuali Masjid Istiqlal, disebut akan menggelar Salat Id berjamaah. Hal ini disampaikan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) provinsi DKI Jakarta.

Ketua DMI DKI, KH Makmun Al Ayyubi, menyebut bahwa masjid-masjid besar seperti Masjid Sunda Kelapa dan Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) telah mempersiapkan Salat Id sejak jauh-jauh hari. "Hampir semua dan belum ada laporan sampai saat ini yang tidak jadi melakukannya. Karena memang mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, ketika memang udah diperbolehkan Shalat Jumat, tarawih dan lainnya," jelas Makmun dikutip dari Antara, Rabu (12/5).

Makmun menegaskan bahwa yang terpenting dalam salat berjamaah nantinya adalah penerapan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas maksimal 50 persen, menjaga jarak, hingga hanya mengizinkan jemaah yang terdekat dari masjid. Hal tersebut sesuai dengan seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


"Rata-rata buat shalat Ied. Tapi tetap kita perketatlah prokesnya," kata Makmun. "Jangan sampai nanti melanggar dan setelah Idulfitri jangan sampai ada klaster-klaster baru."

Lebih lanjut, Makmun menjelaskan bahwa dibutuhkan kerjasama aparat keamanan hingga jamaah dalam pengawasan pelaksanaan pengetatan protokol kesehatan tersebut. Makmun juga berharap agar para jamaah dapat memahami situasi pandemi saat ini dan tak memaksakan diri untuk mengikuti Salat Id di tempat yang jauh.

"Iya, mereka yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, yang sulit rasanya untuk dibatalkan," paparnya. "Silakan digelar, tetap harus ketat dan ini pun butuh pengawasan dari aparat setempat."

Selain itu, Makmun juga mengatakan bahwa dibutuhkan kerjasama antara aparat, DKM masjid dan para pimpinan dewan masjid untuk saling bahu membahu agar pelaksanaan ibadah dapat terlaksana dengan baik. "Juga tidak melanggar aturan," pungkasnya.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal batal melaksanakan Salat Id berjamaah karena situasi pandemi corona. "Info terakhir, tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan (salat) Idul Fitri," tutur Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, dalam keterangannya, Selasa (11/5).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait