Intip Potret Salat Idul Fitri Saat Pandemi, Berlokasi di Tol Sampai Berlatarbelakang Gunung
Unsplash/Levi Meir Clancy
Nasional
Idul Fitri 2021

Pemerintah mengizinkan semua daerah kecuali zona merah untuk menggelar salat Idul Fitri di lapangan. Lantas seperti inilah potret pelaksanaan salat Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19.

WowKeren - Idul Fitri 1442 Hijriah masih diwarnai dengan sejumlah pembatasan, mulai dari larangan mudik hingga tidak boleh digelarnya salat berjemaah di lokasi-lokasi tertentu. Kebijakan ini sendiri tentu saja terkait kondisi Indonesia yang belum bebas dari pandemi COVID-19.

Kendati demikian, ada beberapa daerah yang masih melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah, yang tentu saja tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Seperti di Surabaya, Jawa Timur, yang mengambil lokasi di Masjid Al Akbar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga tampak hadir dan mengapresiasi pelaksanaan salat yang sangat patuh prokes. Diketahui jemaah yang bisa masuk hanya yang sudah melakukan registrasi sebelumnya, sampai pelaksanaan yang serba singkat namun tak mengurangi kekhusyukan beribadah.

"Dari awal diperkirakan proses salat, takbir pertama itu 30 menit. Tadi 20 menit. Khotbah kurang dari 9 menit yang diharapkannya 10 menit," tutur Khofifah. "Upaya salat Idul Fitri khusyuk khidmat dalam waktu singkat tanpa mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan."

Hal lain yang diapresiasi adalah jemaah yang membawa sendiri kantung untuk alas kaki mereka. "Alas kaki dibawa sendiri. Sudah dibungkus di saf masing-masing. Ini mengurai kerumunan mencari sandal," kata Khofifah.


Mantan Menteri Sosial itu pun berharap agar bisa menjadi referensi pelaksanaan salat berjemaah lain, misalnya salat Jumat. "Karena salat Jumat potensial ada kerumunan penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Intip Potret Salat Idul Fitri Saat Pandemi, Berlokasi di Tol Sampai Berlatarbelakang Gunung

Instagram/raisanalfarisi/mochsabar/eky_fajrinraharjo

Berpindah ke beberapa daerah lain, salat Idul Fitri pun terpantau digelar dengan tertib dan patuh protokol kesehatan. Bahkan ada beberapa yang memanfaatkan ruas jalan hingga jalan tol lantaran ditutup di tengah larangan mudik Lebaran.

"Adanya larangan mudik hingga 17 Mei 2021, jalur alternatif Jalan Tol Cisumdawu ditutup. Warga memanfaatkan situasi tersebut untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 H," tulis @ra***si.

Tampak warga memadati ruas jalan tol yang ditutup dan salat di sana, di mana salah satunya menunjukkan bentang alam nan indah berupa gunung. Tampak pula deretan warga yang melaksanakan salat Idul Fitri di jalan di daerah Kebon Nanas, Tangerang.

Atau ada pula kelompok jemaah di Purwokerto, Jawa Tengah yang menggelar salat Idul Fitri di dalam masjid. Namun jarak antar sajadah direnggangkan hingga para jemaahnya yang tampak selalu mengenakan masker.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts