Gempa 7,2 dan 5,2 M Berturut-Turut Guncang Nias Sumut, Warga Dilaporkan Berhamburan Keluar
Twitter/infoBMKG
Nasional
Bencana Gempa 2021

Dua gempa bumi dengan magnitudo besar berturut-turut mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, yakni 7,2 M pada 13.33 WIB dan 5,2 M pada 14.16 WIB.

WowKeren - Dua gempa bumi dengan magnitudo besar berturut-turut mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara pada Jumat (14/5) hari ini. Melansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi mencapai magnitudo 7,2 dan 5,2.

Lebih tepatnya, pada pukul 13.33 WIB dilaporkan terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,2 yang berlokasi 141 kilometer barat daya Nias Barat. Titik pusat gempa ini berada di lautan, tepatnya dengan kedalaman 19 kilometer.

Gempa 7,2 dan 5,2 M Berturut-Turut Guncang Nias Sumut, Warga Dilaporkan Berhamburan Keluar-1

Twitter/infoBMKG

Lalu beberapa menit setelahnya, yakni pukul 14.16 WIB, gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,2 terjadi di 129 kilometer barat daya Nias Barat. Titik pusat gempa dilaporkan berada di kedalaman 10 kilometer.


Gempa 7,2 dan 5,2 M Berturut-Turut Guncang Nias Sumut, Warga Dilaporkan Berhamburan Keluar-2

Twitter/infoBMKG

Kendati demikian, BMKG mengungkap gempa-gempa bumi itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Namun besarnya energi fenomena alam itu menyebabkan warga setempat panik hingga lari berhamburan keluar rumah.

Hal ini seperti dikabarkan Kepala Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo. "Masyarakat panik dan keluar rumah," tutur Hiramo lewat keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Nias Barat pun saat ini sedang melakukan kaji cepat untuk memetakan dampak bencana yang terjadi. Tim juga akan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait sehubungan dengan bencana yang terjadi.

Kendati demikian, sampai berita ini ditulis, belum ada informasi mengenai korban jiwa maupun kerugian materiil yang terjadi akibat bencana. Dan dipantau hingga pukul 15.01 WIB tidak ada informasi mengenai gempa bumi susulan yang kembali mengguncang daerah tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts