Operasi Penyekatan Mudik 2021 Telah Berakhir, Begini Langkah Selanjutnya
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Selama larangan mudik berlaku, pihak kepolisian telah melakukan operasi penyekatan guna meminimalisir pemudik. Namun operasi penyekatan tersebut telah berakhir pada Jumat (14/5).

WowKeren - Pihak kepolisian diketahui telah mengakhiri operasi penyekatan mudik 2021 pada Jumat (14/5) malam. Adapun pihak kepolisian mengakhiri operasi penyekatan itu yakni pada kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan bahwa petugas akan lebih fokus untuk memutar balik pemudik yang kembali ke DKI Jakarta dan sekitarnya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk operasi arus balik lebaran yang akan dimulai pada Minggu (16/5).

"Operasi penyekatan mudik yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta berakhir malam ini," ujar Yusri dalam keterangannya, Jumat (14/5).

Yusri mengatakan bagi pemudik yang hendak kembali ke wilayah Jakarta dan sekitarnya harus memberikan surat keterangan bebas COVID-19. Surat itu nantinya harus ditunjukkan ke petugas penjaga kemudian akan diperiksa.


Pemeriksaan nantinya akan dilakukan di titik pemeriksaan, salah satunya di Karawang Kilometer 34, kemudian juga ada di pos Cikupa. Untuk pemeriksaan di pos Cikupa, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Banten.

Sementara pada jalan arteri, polisi akan membuat dua pos yakni di Jatiuwung dan Kedungwaringin. Yusri menegaskan bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya harus benar-benar melakukan tes swab antigen. Jika tidak, petugas akan melakukan tes random di pos-pos penjagaan.

"Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen," terang Yusri. "Tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan atau tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen."

Lebih lanjut, Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed akan dibuka kembali untuk umum mulai Jumat (14/5). "Yang dari KM 10 Tol Layang MBZ yang arah ke Cikampek itu mulai dibuka malam ini pada pukul 00.00 WIB," tutup Yusri.

Seperti yang diketahui, pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan mudik 2021 pada 6 hingga 17 Mei. Selama larangan mudik berlaku, petugas kepolisian melakukan penyekatan dan penjagaan di pos-pos perbatasan atau yang sering dilalui pemudik.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts