Miss Universe 2021: Miss Myanmar Sendu Minta Bantuan Hadapi Junta, Akui Tak Punya Tujuan Pulang
Instagram/thuzar_wintlwin
Selebriti
Miss Universe 2021

MIss Universe Myanmar, Candy Thuzar, mengaku takut untuk kembali ke negaranya lantaran begitu vokal melawan kudeta junta militer lewat aksinya di sesi kostum nasional Miss Universe 2021.

WowKeren - Grand Final Miss Universe 2021 siap digelar dalam beberapa jam ke depan. Puteri-puteri cantik perwakilan setiap negara siap berlaga untuk mewarisi mahkota dari Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi.

Termasuk di antaranya Miss Universe Myanmar, Ma Thunzar Wint Lwin atau yang akrab juga dikenal sebagai Candy Thuzar. Namun bukan semata berlaga demi mendapatkan mahkota Ratu Kecantikan itu, Candy juga membawa misi untuk membuka mata dunia atas kudeta militer yang tengah terjadi di negaranya.

Bahkan dengan berani Candy membawa papan bertuliskan "Pray for Myanmar" ketika muncul di sesi kostum nasional. Mengenakan pakaian bernuansa merah, Candy melabelinya sebagai "Fearless Empress", menunjukkan keberaniannya menentang aksi junta militer di Myanmar.


"Mereka membunuh rakyat selayaknya hewan," kata Candy dalam sebuah wawancara sebelum meninggalkan Myanmar demi Miss Universe 2021. "Di mana rasa kemanusiaan mereka? Tolong bantu kami. Kami benar-benar tak berdaya di sini."

Candy sendiri memang dikenal cukup vokal dalam melawan junta militer. Bahkan ia sempat terjun di tengah demonstrasi penolakan junta militer yang menggulingkan kekuasaan Aung San Suu Kyi dan kubunya.

Candy menggambarkan ketakutan warga Myanmar atas militer yang seharusnya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. "Tentara berkeliling setiap hari. Dalam beberapa kasus mereka tak ragu menembak kami," tuturnya, dikutip dari New York Times, Minggu (16/5).

Candy pun mengaku sempat takut namanya masuk dalam daftar tokoh yang diburu junta militer. Karena itulah, ia sampai harus serba bersembunyi ketika melalui imigrasi untuk bisa sampai di panggung Miss Universe 2021 dan semua semata demi menyebar pesan permohonan bantuan dari Myanmar.

Bahkan aksi nekatnya ini perlahan membuatnya takut untuk kembali ke negaranya. Ia juga merasa tidak punya tujuan pulang usai melalui serangkaian tahapan kompetisi Miss Universe 2021.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts