Blitar Diguncang Gempa 6,2 Magnitudo, Tak Berpotensi Tsunami
warning.bmkg.go.id
Nasional

Pada Jumat (21/5) malam, gempa dengan kekuatan cukup besar yakni magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Karena kekuatan gempa yang cukup besar, guncangannya terasa hingga Yogyakarta.

WowKeren - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo cukup besar yakni 6,2 mengguncang Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/5) malam. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi sekitar pukul 19:09:23 WIB.

Episentrum gempa berada di 57 km Tenggara Kabupaten Blitar, dengan kedalaman 110 kilometer di bawah laut. Karena kekuatan gempa yang cukup besar, guncangannya terasa hingga Yogyakarta dan Banyuwangi.

BMKG juga memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Info Gempa Mag:6.2, 21-Mei-21 19:09:23 WIB, Lok:8.63 LS, 112.34 BT (57 km Tenggara KAB-BLITAR-JATIM), Kedlmn:110 Km #BMKG," tulis BMKG di akun Instagram resminya.


Meski tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena gempa susulan mungkin terjadi. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," demikian bunyi peringatan yang dikutip dari situs resmi BMKG.

Maka dari itu, masyarakat sebaiknya menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Mereka juga disarankan untuk berlindung di bawah bangunan yang tahan gempa dan stabil sebelum kembali ke rumah.

Belum ada laporan lebih lanjut terkait kerusakan pada daerah terdampak atau ada tidaknya korban dari bencana ini. Untuk mengetahui perkembangan terbarunya, pastikan untuk tetap memantau update beritanya di WowKeren ya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait