Polisi Ungkap Tak Pernah Beri Izin Acara Launching Festival Jazz Yang Akan Dihadiri Menparekraf
Twitter/sandiuno
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menparekraf dikabarkan akan menghadiri acara peluncuran festival musik jazz di Makassar yang tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Sebagai informasi, selama pandemi COVID-19, segala kegiatan yang memicu kerumunan itu dilarang.

WowKeren - Indonesia hingga saat ini masih dihadapkan dengan persoalan COVID-19, bahkan belakangan kasusnya mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan adanya pandemi COVID-19 ini, pemerintah masih melarang seluruh acara atau kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti konser atau acara musik lainnya.

Akan tetapi, pada Kamis (17/6) hari ini, terdapat sebuah acara peluncuran atau launching festival musik jazz dan makan malam di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan pada acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menanggapi kabar tersebut, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan bahwa selama pandemi COVID-19, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin keramaian. "Tidak ada izin," tutur Witnu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (16/6).

Lebih lanjut, acara peluncuran musik jazz tersebut akan digelar mulai pukul 17.25 WITA (18.25 WIB) hingga 19.15 WITA (20.15 WIB). Witnu menambahkan selama acara berlangsung, pihaknya akan terus memantau penerapan protokol kesehatannya. "Prokes tidak diterapkan, Polri akan mendukung Pemkot untuk lakukan pendisiplinan 5M, mengurangi kerumunan dan dibubarkan," jelasnya.


Witnu menuturkan bahwa saat ini Makassar masuk kedalam golongan zona kuning COVID-19. Artinya bahwa, masyarakat bisa mendapatkan sedikit kelonggaran penerapan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan Satgas COVID-19, Kemendagri dan aturan yang dikeluarkan oleh Pemkot.

Menurut Witnu, upaya untuk memulihkan perekonomian harus tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19 dengan tidak lupa menerapkan prokes. "Giat ekonomi tetap harus berjalan, pengendalian COVID-19 juga berjalan," imbuh Witnu.

Terkait dengan pelaksanaan peluncuran festival musik jazz hari ini, Witnu mengatakan bahwa acara tersebut akan didampingi oleh petugas dari Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) Kota Makassar dan pihak kepolisian. "Sebelum dilakukan seluruh pihak terkait akan diundang dan memaparkan seperti apa konsep prokes yang akan dilakukan," tandas Witnu.

Di sisi lain, Kawendra Lukistian selaku Juru Bicara (Jubir) Menparekraf mengatakan bahwa Sandiaga Uno akan menghadiri acara tersebut. Meski demikian, pihaknya mengaku belum mengetahui informasi terkait dengan perizinan dari kepolisian.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts