Hyungwon MONSTA X Beberkan Rahasia Tulis Lirik 'Secret' Meski Tak Lancar Bahasa Inggris
Musik

MONSTA X membuat comeback yang sangat ditunggu-tunggu. Di samping judul lagu, 'GAMBLER', salah satu lagu yang menonjol di album ini adalah 'Secrets', yang seluruhnya ditulis dalam bahasa Inggris.

WowKeren - Bulan ini, MONSTA X membuat comeback yang sangat ditunggu-tunggu dengan mini album kesembilan mereka, One of a Kind. Di samping judul lagu, “GAMBLER,” salah satu lagu yang menonjol di album ini adalah “Secrets”, yang seluruhnya ditulis dalam bahasa Inggris.

Dalam sebuah wawancara baru untuk Rolling Stone, Hyungwon berbicara tentang mengapa dan bagaimana dia ikut menulis lirik “Secret” dalam bahasa Inggris. “Di antara album kami. Saya sangat suka ‘All About Luv’,” ungkap Hyungwon.

Mencapai lima besar di tangga lagu Billboard 200 AS, album studio 2020 “All About Luv” adalah rekaman pertama MONSTA X yang dirilis seluruhnya dalam bahasa Inggris. Lagu itu bahkan diakui oleh para kritikus dari AS hingga Korea hingga Inggris.


Hyungwon kemudian menjelaskan bahwa dia menulis lirik “Secrets” dalam bahasa Inggris karena dia ingin membawakan lagu-lagu pop seperti yang ada di “All About Luv” ke “One of a Kind”. Tentu saja, itu tidak mudah. Sementara bahasa Inggris Hyungwon cukup bagus namun jauh dari lancar, membuat usaha ini semakin mengesankan.

"Proses penulisan lirik dalam bahasa Inggris agak lama karena saya tidak berbicara bahasa Inggris dengan baik untuk menulis lirik," ungkap Hyungwon. Terkait hal itu, hyungwon ternyata memiliki proses cerdas untuk mendapatkan lirik bahasa Inggrisnya.

“Saya menulis liriknya dalam bahasa Korea terlebih dahulu,” jelasnya, “kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris, dan menulis ulang agar sesuai dengan ritme”. Sementara Hyungwon mengatakan butuh beberapa waktu untuk membuat lagu yang sudah selesai, dia masih menganggapnya sebagai "pengalaman yang bagus."

Dan meskipun dia mungkin mengalami waktu yang agak sulit, Monbebe semua setuju bahwa lagunya tidak mungkin lebih baik. Tak heran jika lagu itu selalu memiliki tempat khusus di hati para penggemarnya.

(wk/putr)

You can share this post!