Ini Bukti Vaksin Ampuh Lindungi Nakes di Kudus Dari Kondisi Terburuk COVID-19
Unsplash/Mufid Majnun
Nasional

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo menjelaskan bahwa hampir seluruh nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6 ribu orang telah menerima vaksinasi COVID-19.

WowKeren - Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah, sempat terinfeksi virus corona (COVID-19). Namun Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus melaporkan bahwa hingga Kamis (17/6), 90 persen nakes yang terpapar COVID-19 telah berangsur-angsur pulih dan mulai kembali beraktivitas.

"Ini sebuah berita yang menggembirakan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo. "Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa vaksin yang diberikan kepada mereka benar-benar efektif melindungi dari kondisi terburuk."

Badai menjelaskan bahwa hampir seluruh nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6 ribu orang telah menerima vaksinasi COVID-19. Diketahui, program vaksinasi COVID-19 untuk nakes memang telah dimulai sejak Januari 2021 lalu.

"Hampir 100 persen nakes di Kudus yang berjumlah sekitar 6.000 orang telah menerima vaksinasi dosis satu dan dua," terang Badai. "Dari jumlah tersebut, hanya 308 nakes yang terpapar atau sekitar 5,13 persen dari jumlah keseluruhan nakes dan sebagian besar di antaranya sudah sembuh dan mulai bekerja kembali."


Sementara itu, total nakes di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus yang terpapar COVID-19 hingga Kamis kemarin mencapai 153 orang. Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi, Abdul Aziz Achyar, mengungkapkan bahwa dari jumlah tersebut, hanya 11 orang di antaranya yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, 59 nakes RSUD dr. Loekmono Hadi kini dinyatakan sudah sembuh. Hal tersebut dinilai menjadi bukti bahwa vaksin efektif mengurangi tingkat keparahan penyakit dan risiko kematian.

Di sisi lain, Bupati Kudus M Hartopo mengungkapkan bahwa pihaknya hingga kini masih terus berupaya untuk memvaksinasi masyarakatnya dan juga nakes. "Untuk saat ini kita sudah menggencarkan vaksinasi secara masal di Kudus, supaya nanti bisa melandaikan penularan COVID-19," kata Hartopo pada 10 Juni 2021 lalu.

Kementerian Kesehatan sendiri telah mengalokasikan 50 ribu dosis vaksin COVID-19 khusus untuk Kudus demi mempercepat program vaksinasi di wilayah tersebut. Masyarakat pun diimbau untuk terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait