Jubir Satgas Wiku Adisasmito Positif COVID-19, Ternyata Sempat Kunjungi Daerah Berbahaya Ini
Instagram/wikuadisasmito
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Juru Bicara yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dikonfirmasi positif terpapar infeksi virus Corona setelah sempat melakukan kunjungan kerja.

WowKeren - Sebagai bagian dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito tentu banyak berhadapan dengan situasi terkini wabah di lapangan. Apalagi ketika lonjakan kasus COVID-19 tengah terjadi di berbagai wilayah Indonesia, Wiku dilaporkan aktif mengunjungi titik-titik panas tersebut seperti Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Madura, Jawa Tengah.

Tak disangka, berbagai aktivitasnya itu kemudian membuat Wiku harus ikut terpapar infeksi virus Corona. Hal ini seperti disampaikannya dalam siaran pers pada Sabtu (19/6).

"Saya ingin menginformasikan terkait dengan kondisi kesehatan saya. Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan," tutur Wiku.

Wiku yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 itu lantas melakukan swab antigen pada Jumat (18/6) dan dikonfirmasi positif COVID-19. Untuk mengonfirmasi hasilnya, Wiku pun menjalani tes lanjutan berupa swab PCR.


"Dan hasilnya saya terima hari ini, yaitu positif COVID-19." sambung Wiku. Namun Wiku juga menegaskan bahwa kondisi fisiknya baik-baik saja serta optimis dapat segera sembuh.

Perihal penyebabnya, Wiku memastikan selalu menjalani hidup dengan protokol kesehatan ketat. "(Namun) terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan," terang Wiku.

Oleh karena itulah, Wiku mendorong setiap pihak yang pernah berkontak erat dengannya agar segera menjalani tes sebagai upaya antisipasi. "Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," imbuhnya.

Wiku pun mengingatkan, pandemi COVID-19 ini masih nyata. Namun wabah infeksi virus ini pun bisa dicegah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas Penanganan COVID-19, BNPB, KPCPEN, dan rekan-rekan media. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi COVID-19," pungkasnya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts