BPOM Telah Keluarkan Izin Edar Ivermectin, KSP Moeldoko Sebut Langkah Yang Baik
Twitter/KSPgoid
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pada Senin (21/6), BPOM telah mengeluarkan izin edar Ivermectin sebagai obat terapi COVID-19. KSP Moeldoko lantas memberikan tanggapannya serta apresiasi atas izin edar tersebut.

WowKeren - Pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus untuk menangani pandemi COVID-19. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah agar bisa segera mengakhiri pandemi ini. Adapun cara yang dilakukan adalah mulai dari vaksinasi massal, pendisiplinan protokol kesehatan (prokes), dan masih banyak lainnya.

Baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin edar atas obat terapi COVID-19 yakni Ivermectin. Hal ini diapresiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memuji kinerja dari Erick yang cepat dalam mengawal izin yang dikeluarkan oleh BPOM untuk obat terapi COVID-19 itu. "Itu merupakan langkah yang tepat," tutur Moeldoko dalam keterangan tertulis, Senin (21/6).

Moeldoko menyampaikan bahwa tindakan tersebut berdasarkan dari pengetahuan akurat dan keyakinan terhadap manfaat Ivermectin. Ivermectin diketahui terbukti dalam menangani penurunan jumlah pasien COVID-19 dan kematian di India serta 15 negara lain di dunia.


"Masyarakat sekarang bisa lebih memahami mengapa saya atas nama Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tiga pekan lalu langsung bertindak cepat kirim Ivermectin untuk masyarakat Kudus," terang Moeldoko.

Sebelumnya, Moeldoko telah mengirimkan Ivermectin ke Kudus pada 7 Juni lalu. Hal ini dikarenakan lonjakan kasus COVID-19 di Kudus sangat signifikan. Maka dari itu, ia berinisiatif untuk mengirimkan Ivermectin.

Ivermectin itu diterima langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo dan langsung disebarkan ke rumah sakit dan Puskesmas. Adapun total bantuan yang diberikan sebanyak 2.500 dosis. "Tentu kita distribusikan ke rumah sakit, maupun Puskesmas," imbuhnya.

Selain di Kudus, Moeldoko juga membagikan Ivermectin di lokasi lainnya yakni tiga kecamatan di Semarang, satu kecamatan di Demak, Kabupaten Sragen, Bangkalan, dan Madura. Kemudian juga diberikan kepada masyarakat yang ada di Kalimantan Barat.

Moeldoko juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri BUMN, Bupati Kudus, dan semua kepala daerah yang turut menggunakan Ivermectin sebagai obat terapi COVID-19. "Kami berharap masyarakat bisa segera tertolong dan keluar dari pandemi ini melalui obat murah yang tersedia," tutup Moeldoko.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts