Cerita Pasien Wisma Atlet yang Dipulangkan Kala Masih Positif COVID-19
AFP
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di Wisma Atlet hingga Rabu (23/6) mencapai 8.096 orang. Angka tersebut bertambah 299 pasien dibandingkan hari sebelumnya.

WowKeren - Kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia terus mengalami kenaikan. Sejumlah pasien yang masih positif COVID-19 bahkan diminta untuk meninggalkan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, untuk menyediakan ruang bagi pasien baru yang lebih parah.

Salah satu pasien bernama James Andi Parinding mengungkapkan pengalaman keluarganya yang diminta keluar dari Wisma Atlet dalam kondisi masih positif COVID-19. Satu per satu anggota keluarga Andi dinyatakan positif COVID-19 dan kemudian dirawat di Wisma Atlet.

"Sekarang semua keluarga sudah keluar semua," ungkap Andi kepada Kompas.com, Rabu (23/6). "Cuma sebenarnya bokap sama nyokap saya masih positif, tapi disuruh pulang karena RS Wisma Atlet masih mau dimasukin pasien baru."

Meski ayah dan ibunya masih dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab PCR, Andi mengungkapkan bahwa kondisi mereka sudah membaik hingga disarankan menjalani isolasi mandiri di rumah. "Ya atas arahan dokter paru sih, makanya di-isoman di rumah," paparnya.

Hal serupa juga dialami oleh seorang pasien bernama Tasya (bukan nama sebenarnya). Tasya masuk ke Wisma Atlet sejak 9 Juni 2021 dan hasil tes swab PCR pada Jumat (18/6) menunjukkan bahwa dirinya masih positif COVID-19.


"Positif dan CT-nya masih rendah," ungkap Tasya kepada CNN Indonesia. Tasya pun diminta untuk tetap berada di Wisma Atlet hingga Selasa (22/6).

Namun setelah itu, Tasya justru diminta pulang tanpa kembali menjalani tes swab. Ia pun menolak karena tes swab PCR terakhirnya masih menunjukkan hasil positif.

"Saya enggak bisa pulang karena masih positif, dan di rumah pun banyak anak kecil," jelasnya. Kemudian, Tasya akhirnya diberi kabar bahwa berkasnya telah diturunkan dan mendapat persetujuan dokter sehingga ia sudah tak terdaftar sebagai pasien Wisma Atlet.

"Kalau sudah ada tanda tangan dokter itu berarti sudah bisa diturunin. Dokter sudah ACC untuk dipulangkan," pungkasnya. "Akhirnya saya putuskan buat pulang. Pulang tanpa tes PCR dan tes PCR di luar."

Kini, Tasya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes PCR-nya keluar. Ia tetap mengenakan masker kala akan ke kamar mandi dan selalu menyemprot barang yang disentuhnya dengan desinfektan.

Sebagai informasi, jumlah pasien yang dirawat di Wisma Atlet hingga Rabu (23/6) mencapai 8.096 orang. Angka tersebut bertambah 299 pasien dibandingkan hari sebelumnya. Pihak pengelola bahkan telah menambah tempat tidur di tower 4, 5, 6, dan 7.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts