PPKM Darurat Hari Pertama Disebut Cukup Baik, Puluhan Kendaraan Malah Tertangkap Diputarbalik
Twitter/TMCPoldaMetro
Nasional

Di hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali terlihat para aparat dengan sigap dan siaga menjaga pos penyekatan. Terkait pelaksanaannya, dinilai sudah cukup baik dan bagus.

WowKeren - Pada Sabtu (3/7) hari ini, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali mulai diterapkan. Para aparat terlihat siaga dan sigap dalam melaksanakan tugasnya untuk menertibkan masyarakat selama PPKM Darurat ini berlangsung.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pihaknya telah memantau pelaksanaan PPKM Darurat di hari pertama. Menurutnya, pelaksanaan PPKM Darurat hari pertama di beberapa daerah sudah cukup baik dan bagus.

"Saat ini PPKM Darurat sudah mulai jalan, mulai hari ini," tutur Luhut dalam konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sabtu (3/7). "Tadi pagi sudah saya cek, saya telpon beberapa Gubernur, Pangdam, Kapolda tentang pelaksanaan PPKM ini. Di hari pertama ini, sudah mulai jalan, di DKI Jakarta sudah cukup bagus, di Bandung, oke juga."

Luhut menyampaikan bahwa dua minggu ke depan merupakan masa yang kritis dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang signifikan. "Ini masa kritis untuk kita dua pekan ini," imbuhnya.


Luhut mengungkapkan pada Jumat (2/7) kemarin, tercatat penambahan kasus harian tertinggi selama pandemi berlangsung di Indonesia, yakni mencapai 25.830 kasus dalam satu hari. Kemudian angka kematiannya tembus lebih dari 500 orang dalam satu hari.

Kendati demikian, Luhut meminta semua pihak bisa saling mendukung dan tidak memanfaatkan situasi dan kondisi yang seperti ini untuk kepentingan pribadi. Ia juga menekankan agar ketersediaan obat-obatan, oksigen, kesiapan tenaga kesehatan harus benar-benar dimaksimalkan.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan PPKM Darurat hari pertama, Polda Metro Jaya terus mengoptimalkan penerapannya di wilayah DKI Jakarta. Di sejumlah titik poin penyekatan, tampak puluhan kendaraan diputarbalik.

Polda Metro Jaya melakukan pemantauan di sejumlah titik penyekatan sejak waktu menjelang malam tadi. Salah satu titik penyekatan adalah di Check Poin Panasonic Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Sabtu (3/7), menunjukkan puluhan kendaraan bermotor diputarbalik saat menuju arah Ibu Kota. Dalam video tersebut, juga terlihat adanya papan pembatas untuk menghalau para pengendara.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait