Menkes Lakukan Uji Coba Layanan Medis Jarak Jauh, Pasien COVID-19 Ringan Tak Perlu Ke RS
Twitter/KemenkesRI
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menkes Budi Gunadi Sadikin akan melakukan uji coba layanan telemedicine atau layanan telekomunikasi untuk pelayanan medis jarak jauh pada Selasa (6/7). Dengan begitu, masyarakat tidak perlu ke rumah sakit.

WowKeren - Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, membuat aktivitas masyarakat dibatasi. Hal ini bertujuan agar COVID-19 tidak menyebar semakin luas dan menekan angka lonjakan.

Baru-baru ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan uji coba layanan telemedicine atau layanan telekomunikasi untuk informasi dan pelayanan medis jarak jauh pada Selasa (6/7). Layanan ini memiliki fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman obat.

Budi menuturkan bahwa layanan ini akan dilakukan secara gratis dan ditujukan bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman). Uji coba ini akan dilakukan di DKI Jakarta.

"Layanan akan dilakukan uji coba di DKI Jakarta mulai 6 Juli, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI," terang Budi dalam konferensi pers, Senin (5/7). "Dengan layanan telemedicine, semua pasien COVID-19 yang terkonfirmasi positif bisa mendapatkan akses layanan medis tepat waktu."


Budi menerangkan pasien COVID-19 yang bisa melakukan isoman adalah mereka yang tidak sesak napas, saturasi oksigen di atas 95 persen, dan tidak memiliki penyakit penyerta alias komorbid yang berbahaya. Sedangkan untuk mereka yang bergejala tinggi, maka diimbau untuk pergi ke fasilitas kesehatan agar segera ditangani.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan bahwa dalam pengadaan layanan telemedicine ini, Kemenkes menggandeng 11 platform digital. Teknisnya adalah sebagai berikut, pemerintah sejauh ini memiliki 742 laboratorium PCR yang tersebar di Indonesia.

Kemudian, ratusan laboratorium tersebut, kini telah terintegrasi dengan 11 platform itu. Sehingga, apabila masyarakat terkonfirmasi positif, langsung bisa mendapatkan layanan telemedicine secara gratis.

Berikut 11 telemedicie yang dapat diakses oleh pasien COVID-19 isoman:

  1. Alodokter
  2. Getwell
  3. Good Doctor
  4. Halodoc
  5. Klik Dokter
  6. KlinikGo
  7. Link Sehat
  8. Milvik Dokter
  9. ProSehat
  10. SehatQ
  11. YesDok

Sementara itu, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang juga Menteri Marives Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan bahwa layanan telemedicine ini bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter, agar memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin selama masa pemulihan di rumah.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts